Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 18:02 WIB

Guru Tewas, Disdik Jatim akan Pasang CCTV di Kelas

Sabtu, 3 Februari 2018 | 13:38 WIB

Berita Terkait

Guru Tewas, Disdik Jatim akan Pasang CCTV di Kelas
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Surabaya - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jatim berencana memasang kamera pemantau atau CCTV di dalam kelas agar situasi proses belajar mengajar bisa terpantau. Juga untuk mengindari kriminalitas selama kegiatan belajar mengajar.

Kebijakan tersebut sebagai jawaban atas kasus penganiayaan yang diduga dilakukan seorang murid dan berujung hilangnya nyawa guru honorer (GTT) pengampu mata pelajaran seni rupa SMAN 1 Torjun Sampang, Ahmad Budi Cahyono, Kamis (1/2/2018) kemarin.

"Dengan adanya kasus itu, kita berorentasi pengamanan juga. Meminta sekolah-sekolah ada CCTV. Jadi CCTV itu bukan untuk mewah-mewahan tapi pengamanan," ungkap Kepala Dispendik Saiful Rachman.

Ia juga mengatakan, menghadapi generasi sekarang ini susah-susah gampang. Mudahnya informasi teknologi diakses menyebabkan mereka dengan leluasa berselancar di dunia maya dan bisa melakukan apa saja.

"Sosmed pengaruhnya kuat sekali, makanya saya aktif disitu supaya apa yang dinginkan masyarakat dapat kita pahami," tuturnya.

Dengan adanya peristiwa ini Saiful Rachman meminta tenaga pendidik baik kepala sekolah, guru maupun orang tua meruba pola dalam mendidik anak. Sebab, pendidikan karakter tidak hanya didapat dilingkup sekolah tapi bisa juga dari masyarakat, maupun lingkungan sekitar.

"Seruan kita di pelaku pendidikan harus peka terhadap anak didik yang mempunyai track record tidak bagus. Guru BK harus segera antisipatif itu untuk memberikan pemahaman dan bimbingan," terangnya.[beritajatim]

Komentar

x