Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 06:28 WIB
 

Sidang Diumumkan, Praperadilan Fredrich Gugur?

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 2 Februari 2018 | 20:22 WIB
Sidang Diumumkan, Praperadilan Fredrich Gugur?
Fredrich Yunadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengadilan Tipikor Jakarta mengumumkan jadwal sidang perdana Fredrich Yunadi, tersangka dugaan merintangi penyidikan kasus e-KTP.

"Berkas Fredrich sudah diterima. Pengadilan menetapkan sidang tanggal 8 Februari," kata Humas Pengadilan Tipikor Jakarta, Ibnu Basuki, Jumat, (2/2/2018).

Ibnu menambahkan, majelis hakim yang akan memimpin jalannya persidangan juga telah terbentuk. Hakim Zaifuddin Zuhri ditunjuk sebagai ketua majelis hakim.

"Kemudian ada Sigit Herman Binaji, Mahfuddin, Duta Baskara, Titi Sansiwi sebagai hakim anggota dan panitera," tuturnya.

Dengan begitu, hampir dipastikan gugatan praperadilan Fredrich di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan akan kandas. Mengingat, sidang perdana praperadilan Fredrich baru akan digelar Senin (5/2/2018) mendatang.

Dengan aturan sidang praperadilan maksimal tujuh (7) hari, Fredrich tak akan sampai pada putusan praperadilannya. Sebab begitu sidang pokok digelat, gugatan praperadilan otomatis gugur demi hukum.

Fredrich Yunadi dan dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau, Bimanesh Sutarjo, ditetapkan sebagai tersangka merintangi penyidikan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP yang menjerat Setya Novanto.

Keduanya diduga memanipulasi data medis Novanto dan mengatur RS Medika Permata Hijau untuk menghindari pemeriksaan KPK pada pertengahan November 2017 lalu.

Atas perbuatannya, Fredrich dan Bimanesh dijerat dengan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Keduanya, saat ini telah ditahan di dua rumah tahanan (Rutan). Fredrich ditahan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK sejak Sabtu 13 Januari 2018, sementara Bimanesh ditahan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Jakarta Timur Cabang KPK yang berlokasi di Pomdam Jaya Guntur sejak Jumat 12 Januari 2018. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x