Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 23:27 WIB
 

Jokowi Ingin Perguruan Tinggi Ubah Pola Pikir

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 2 Februari 2018 | 18:43 WIB
Jokowi Ingin Perguruan Tinggi Ubah Pola Pikir
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai di era persaingan global saat ini adaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mengambil peranan penting.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menghadiri acara Dies Natalis ke-68 UI di Balairung Kampus UI, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2018).

Ia menuturkan, ilmu dan teknologi merupakan hal yang terus berkembang dengan cepat. Jokowi pun mengingatkan bahwa saat ini, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan perkembangan.

"Kita tidak bisa mengisolasi diri dari perkembangan tersebut. Perkembangan teknologi dalam praktiknya memengaruhi semua lanskap kehidupan, baik itu ekonomi, sosial-budaya hingga politik nasional maupun internasional," kata Jokowi.

Ia menuturkan, apabila lanskap ekonomi dan sosial-budaya berubah, maka perubahan itu menurutnya harus diikuti oleh perguruan tinggi di tanah air.

"Pasti agenda penelitian juga perlu mengalami perubahan, kurikulum dan metode pendidikan juga harus berubah, kompetensi SDM yang dibutuhkan juga berubah, cara kerja organisasi juga harus menyesuaikan," ujarnya.

Lebih jauh, ia juga mengharapkan perguruan tinggi terus melakukan perubahan pola pikir, cara kerja, model organisasi, produktivitas, kedisiplinan nasional dan inovasi.

"Saya yakin bahwa pendidikan tinggi adalah organisasi yang paling sempurna sebagai rujukan reformasi tersebut. Inovasi adalah kata kunci. Jangan lagi terjebak dalam rutinitas. Cara-cara baru harus dikembangkan. Keinginan mahasiswa dan dosen untuk berinovasi harus ditumbuhkan," tuturnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x