Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 10:33 WIB

Ini Penjelasan Kartu Kuning untuk Jokowi

Oleh : Ray Muhammad | Jumat, 2 Februari 2018 | 16:24 WIB
Ini Penjelasan Kartu Kuning untuk Jokowi
Presiden Joko Widodo (Foto: Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mahasiswa yang mengangkat kartu kuning usai Presiden Joko Widodo (Jokowi) pidato saat acara Dies Natalis ke-68 Universitas Indonesia di Balairung UI, Depok, Jumat (2/1/2018) menjelaskan motifnya melakukan aksi tersebut.

Mahasiswa yang diketahui merupakan Ketua BEM Universitas Indonesia Zaadit Taqwa itu mengakui bahwa dirinya tak hanya mengangkat map kuning namun juga meniup peluit di hadapan Presiden.

Adapun map kuning yang diangkatnya di hadapan Jokowi merupakan buku paduan suara UI. Ia mengaku sengaja membawanya ke dalam.

"Itu tadi buku paduan suara, karena pengawasan lumayan ketat tadi pas masuk ke dalam, makanya kita pakai buku itu, biar bisa masuk," kata Zaadit.

Lebih lanjut, Zaadit mengakui bahwa map tersebut merupakan simbol kartu kuning untuk mengingatkan Jokowi agar menyelesaikan berbagai persoalan bangsa.

"Kami bawa tiga tuntutan dan sudah disampaikan lewat aksi di stasiun. Pertama, terkait gizi buruk di Papua karena kejadian luar biasa campak dan gizi buruk di Kabupaten Asmat. Kami ingin mau dipercepat penyelesaiannya karena sudah lama dan sudah banyak korban," paparnya.

Selain itu, ia juga mengkritisi rencana pemerintah yang ingin menjadikan perwira aktif Polri sebagai Plt gubernur. Hal ini menurutnya seperti kembali menghidupkan sistem dwifungsi Polri saat orde baru.

"Ini tidak sesuai dengan Undang-undang Pilkada dan Undang-undang Kepolisian. Ketiga, soal Permenristekdiktir tentang Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Kami tidak ingin mahasiswa bergerak atau berorganisasi dan berkreasi itu dikungkang oleh peraturan yang kemudian dibatasi ruangnya," tandasnya. [ton]

Komentar

x