Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 13:20 WIB
 

UUD 1945 Asli Dinilai Layak Digunakan 100 Tahun

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 1 Februari 2018 | 18:43 WIB
UUD 1945 Asli Dinilai Layak Digunakan 100 Tahun
Din Syamsuddin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Utusan Khusus Presiden Untuk Dialog dan Kerjasama Antar Agama dan Peradaban, Din Syamsuddin menilai amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 perlu dilakukan untuk mengembalikan UUD asli yang dibuat oleh para pendiri bangsa.

"UUD 1945 sudah tidak relevan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Sebab UUD 45 yang asli yang paling tepat hingga 100 tahun ke depan," kata Din Syamsuddin di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/2/2018).

Dia mengungkapkan jika UUD 45 yang asli yang masih relevan pada sekarang ini dan masih bisa menampung kehidupan nasional saat ini. "Ya sampai 2045 masih bisa digunakan," jelasnya.

Menurut dia, UUD 1945 asli merupakan pikiran cerdas dan cemerlang dari para pendiri atau tokoh bangsa yang muncul dari latar belakang, dan penjabaran dari Pancasila.

Ia menegaskan, konstitusi adalah sebagai nafas dari sebuah bangsa sehingga diyakini bahwa cita-cita nasional yang sudah diberikan para pendiri bangsa.

"Karena di dalamnya tujuannya dari kebangsaan Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur dan fungsi-fungsi pemerintahan dengan Pancasila sebagai titik temu padangan," ucapnya.

Ia menuturkan UUD 45 yang asli dan Pancasila adalah kekuatan dari konstitusi dan dasar negara. "Alasan itu bangsa kita ada pada posisi tengah," paparnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x