Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:12 WIB

PN Jaksel Percepat Sidang Praperadilan Fredrich

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 31 Januari 2018 | 12:31 WIB
PN Jaksel Percepat Sidang Praperadilan Fredrich
Pengadilan Negeri Jakarta Selatan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan KPK telah menerima surat pemberitahuan perubahan jadwal sidang gugatan praperadilan tersangka Fredrich Yunadi dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Lembaga antikorupsi mengaku heran lantaran sidang justru dipercepat setelah Fredrich sempat mencabut dan mendaftarkan ulang gugatan tersebut.

"Ada dua surat yang kita terima untuk register perkara nomor 9 dan nomor 11 yang pertama kita terima tentu nomor 9 diagendakan pada saat itu di surat pertama sidang adalah pada tanggal 12 Februari 2018 kemudian baru kemarin kita terima untuk register perkara nomor 11 justru jadwal sidangnya dipercepat jadi 5 Februari 2018," kata KPK Febri saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu, (31 /1/2018).

Menurut Febri, pihak PN Jaksel telah menyampaikan alasan teknis jadwal sidang dipercepat. Saat ini, pihaknya tengah mempelajari alasan PN Jaksel mempercepat sidang gugatan tersebut.

"Iya tentu saja karena proses yang disampaikan adalah surat untuk register perkara nomor 11 hal itulah yang akan kita pelajari lebih lanjut saat ini," ujarnya.

Febri belum bisa memastikan apakah tim biro hukum KPK akan hadir pada sidang perdana gugatan tersebut. Hal itu akan diputuskan, setelah pimpinan dan internal lembaga Antirasuah menelaah substansi dari permohonan gugatam tersebut.

"Kita pertimbangkan dulu kita pelajari dulu suratnya kita pelajari substansi dari permohonan tersebut," pungkas Febri.

Sebelumnya, tersangka Fredrich Yunadi resmi mendaftarkan permohonan gugatan praperadilan atas penetapan statusnya sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Gugatan praperadilan itu dilayangkan Fredrich ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis 18 Januari 2018.

Sepekan setelah gugatan itu didaftarkan tepatnya pada 25 Januari 2018, KPK menerima surat pemberitahuan dan jadwal sidang perdana dari PN Jaksel. Dalam surat itu, sidang perdana akan digelar pada 12 Februari 2018.

Namun, beberapa hari kemudian, tim hukum Fredrich mencabut dan kembali mendaftarkan gugatam dengan nomor registrasi baru. Anehnya, sidang justru dipercepat dari jadwal sidang sebelumnya menjadi 5 Februari 2018. [ton]

Komentar

x