Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 02:37 WIB
 

KPU Lakukan Verifikasi Faktual Secara Sampling

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 30 Januari 2018 | 21:11 WIB
KPU Lakukan Verifikasi Faktual Secara Sampling
Komisioner KPU Ilham Saputra

INILAHCOM, Jakarta - Komisioner KPU Ilham Saputra menyampaikan teknis verifikasi faktual partai politik (parpol) lama dilakukan mulai dari tingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

"Ada tiga item kepengurusan partai yang diterima yaitu, ketua umum, sekretaris jenderal dan bendahara umum," kata Ilham, Selasa (30/1/2018).

Ilham menyebutkan untuk ditingkat provinsi dan kabupaten/kota masing-masing ketua dan sekretaris serta bendahara, sebab verifikasi faktual dilakukan secara sampling.

"Untuk 30 persen keterwakilan perempuan kita hitung berdasarkan SK yang kita terima di Sipol, apakah benar ada 30 persen perempuan," ungkapnya.

Selain memeriksa keterwakilan 30 persen dan ketua, sekretaris, bendahara (KSB) di tingkat pusat, KPU juga akan melakukan pengecekan domisili kantor partai.

"Kami akan cek status kantor partai apakah milik sendiri atau sewa dan akhir tahapan pemilu legislatif dan pilpres 2019," ucapnya.

Menurut dia, alasan KPU terpaksa melakukan verifikasi faktual secara Sampling sebab putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sangat terlambat.

"Jadi harus kita percepat waktunya sebelum tanggal 17 Februari yang akan datang untuk sebagai penetapan parpol peserta pemilu 2019," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x