Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 17:43 WIB

BC Juanda Gagalkan Dua Upaya Penyelundupan Sabu

Jumat, 26 Januari 2018 | 16:35 WIB

Berita Terkait

BC Juanda Gagalkan Dua Upaya Penyelundupan Sabu
(Foto: beacukai)

INILAHCOM, Surabaya - Hanya dalam jangka waktu satu minggu yaitu pada 14 dan 17 Januari 2018, Bea Cukai (BC) Juanda menggagalkan dua upaya penyelundupan narkotika jenis sabu.

Kepala Kantor Bea Cukai Juanda, Budi Harjanto, mengungkapkan penindakan pertama dilakukan terhadap seorang penumpang pesawat Air Asia (XT-393) rute Johor Baru (JHB) Surabaya (SUB) yang merupakan seorang laki laki berinisial ZH (27).

"Petugas melakukan pemeriksaan mendalam pada tersangka ZH mendalam dengan rontgen, karena petugas menaruh curiga terhadap perilaku dan hasil wawancara yang bersangkutan. Setelah dilakukan rontgen, kedapatan bahwa tersangka menyimpan dua bungkusan barang terlarang di dalam bagian anus. Dua bungkusan tersebut berisi kristal putih masing-masing seberat 70 gram Sabu (Methamphetamine). Selanjutnya tersangka dan barang bukti diserahkan ke Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur untuk proses dan pengembangan lebih lanjut," ujar Budi.

Berselang beberapa hari kemudian, Budi melanjutkan, yaitu pada 17 Januari 2018 petugas kembali mengamankan penumpang dengan pesawat Air Asia (XT-393) rute Johor Baru (JHB) Surabaya (SUB) berinisial RY (37 th). Tersangka kedapatan membawa barang yang mencurigakan, menurut pencitraan x-ray.

Setelah dilakukan pemeriksaan mendalam, petugas mendapati bubuk Kristal putih yang disembunyikan dengan modus baru yaitu dimasukkan di antara dua baskom yang direkatkan menjadi satu. "Diketahui terdapat 9 pasang baskom berisi barang terlarang tersebut dengan total keseluruhan bruto 2.950 gram sabu. Selanjutnya tersangka dan barang bukti diserahkan ke Direktorat Reserse Narkotika Polda Jawa Timur untuk proses dan pengembangan lebih lanjut," jelasnya.

Penggagalan upaya penyelundupan narkotika ini telah menyelamatkan 15.450 jiwa generasi muda Indonesia dengan perhitungan 1 gram sabu dikonsumsi oleh 5 orang. Penggagalan upaya penyeludupan ini merupakan hasil kerja sama terintegrasi Bea Cukai, Badan Narkotika Nasional Provinsi Jawa Timur, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Timur, Imigrasi Bandara Juanda (Bidang Darinsuk), dan Pengamanan Bandara (LANUDAL, POM AL dan Avsec PT. Angkasa Pura I). [*]

Komentar

Embed Widget
x