Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 13:08 WIB
 

Bawaslu Atur Strategi Awasi Pemilu

Oleh : Agus Irawan | Kamis, 25 Januari 2018 | 21:25 WIB
Bawaslu Atur Strategi Awasi Pemilu
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan menyampaikan Laporan Kinerja Tahunan 2017, Kamis (25/1/2017).

Laporan tersebut sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban Bawaslu kepada publik yang juga merupakan pemangku kepentingan Pengawasan Pemilu.

"Fondasi pengawasan sudah kami bangun pada 2017 lalu, dengan capaian-capaian sebagai pijakan pengawasan di tahun politik ini. 2018 ini, harus dihadapi dengan persiapan yang matang, demi menjawab berbagai persoalan politik yang menjadi tugas, fungsi, dan kewenangan Bawaslu," kata Abhan, Kamis (25/1/2018).

Abhan menyampaikan, sejak awal periode kepemimpinannya pada April 2017 lalu, Bawaslu telah membangun fondasi Pengawasan Pemilu. Hal itu dimulai dengan program Bawaslu Mendengar lalu Bawaslu Memanggil dan kemudian Bawaslu Mengawasi.

Bawaslu Mendengar adalah program untuk mendengar evaluasi dan masukan kebijakan program dan kegiatan Bawaslu. Sedangkan, Bawaslu Memanggil adalah program Bawaslu dalam melakukan rekrutmen Pengawas Pemilu di daerah.

Pada 2017 lalu, Bawaslu telah melakukan rekrutmen anggota Bawaslu Provinsi, Panwaslu Kabupaten/Kota dan Panwas Kecamatan.

"Total, ada 25 provinsi dan 514 kabupaten/kota yang melakukan rekrutmen Pengawas Pemilu," paparnya.

Sementara, Januari 2018 ini, Panwas Kecamatan juga telah melakukan rekrutmen dan pelantikan Panitia Pengawas Lapangan (PPL), yang merupakan Pengawas Pemilu di tingkat desa/kelurahan. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x