Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 08:16 WIB

Kasus AKP Reza Eks Ajudan Novanto, Ini Kata Polri

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 25 Januari 2018 | 19:43 WIB
Kasus AKP Reza Eks Ajudan Novanto, Ini Kata Polri
Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin berbicara soal tugas ajudan seorang pejabat penting RI. Seorang ajudan wajib melekat dan melindungi pejabat atau yang didampingi.

Pernyataan ini mengacu pada kasus yang menimpa AKP Reza Pahlevi, mantan ajudan Setya Novanto. Saat itu Novanto yang menjadi buronan KPK tiba-tiba menghilang' saat hendak dijemput paksa di rumahnya.

"AKP Reza Pahlevi ini adalah permintaan resmi kementerian lembaga kepada Polri untuk jadi ajudan Ketua DPR. Kami juga berikan surat perintah resmi. Namanya ajudan tugas pokoknya mendampingi objek yang diamankan," ujar Martuani, Kamis (25/1/2018).

Martuani menjelaskan tugas pokok fungsi (tupoksi) seorang ajudan yang melekat ke pejabat sudah jelas. Oleh karena itu, jika sang ajudan melanggar tugasnya, sudah pasti akan mendapat sanksi yang tegas sesuai dengan aturan.

"Ajudan melanggar hukum itu kalau dia melakukan perbuatan melanggar hukum. Ini mungkin juga harus kita jelaskan pokoknya tupoksi ajudan adalah mendampingi objek yang harus dia lindungi. Nah itu kan debatable apakah diburu atau tidak (objeknya). Itu kan kita masih perlu tunggu (hasil penyelidikan). Tugas ajudan itu melekat mendampingi melindungi orang yang harus dilindungi," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam kasus 'hilangnya' Novanto, KPK telah menetapkan pengacara Fredrich Yunadi sebagai tersangka dugaan menghalangi proses penyidikan Novanto dalam perkara korupsi proyek e-KTP. Dia ditetapkan sebagai tersangka bersama-sama dr Bimanesh Sutarjo, dokter yang menangani Novanto ketika mengalami kecelakaan.

Baik Bimanesh maupun Fredrich diduga memanipulasi data rekam medis Novanto untuk menghindari panggilan penyidik. Keduanya telah ditahan KPK.

KPK membutuhkan keterangan Reza lantaran yang bersangkutan merupakan ajudan Setya Novanto dan pada saat hilang', Reza sedang bersama Setya Novanto. [ton]

Komentar

x