Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 27 Mei 2018 | 12:16 WIB
 

TPPU Rita, KPK Dapat Petunjuk dari PPATK

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 25 Januari 2018 | 09:45 WIB
TPPU Rita, KPK Dapat Petunjuk dari PPATK
Bupati Kutai Kartanegara nonaktif Rita Widyasari - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Aset Bupati Kutai Kartanegara nonaktif Rita Widyasari yang diduga berasal dari hasil tindak pidana korupsi terus ditelusuri oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bahkan, KPK dalam penelusuran aset itu KPK bekerjasama dan mendapat petunjuk dari sejumlah pihak. Salah satunya, Pusat Pelaporan dan Analisis Keuangan (PPATK).

"Dalam sejumlah penanganan perkara kita dibantu oleh PPATK. Tetapi secara spesifik untuk kasus yang mana, transaksi yang mana, karena data itu data intelejen kauangan tentu tidak tepat untuk dikonfirmasi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Kamis (25/1/2018).

Rita ditetapkan sebagai tersangka pencucian uang bersama-sama dengan Komisaris PT Media Bangun Bersama (MBB) Khairudin. Diduga nilai pencucian uang senilai Rp 436 miliar.

Namun, Febri belum bisa memastikan apakah nilai pencucian uang itu akan disita atau dirampas seluruhnya untuk pembuktian kasus. Sebab, lanjut dia, saat ini penelusuran aset masih dilakukan.

"Masih terus dalam proses penelusuran. Masih dalam proses penilaian. Prinsipnya karena ini penyidikan TPPU, maka tentu pemetaan kekayaan dan aset menjadi satu hal yang tentu menjadi fokus KPK," kata Febri.

Sebelumnya KPK sudah menyita aset milik Rita yang diduga didapatkan dari hasil tindak pidana. Di antaranya, 103 perhiasan emas dan berlian berupa kalung, gelang, cincin yang disita lembaga antikorupsi.

Kemudian, 19 pasang sepatu mewah milik Rita yang terdiri dari berbagai merek. Seperti Gucci, Louis Vuitton, Prada, Channel, dan Hermes.

Penyidik juga menyita 32 buah jam tangan berbagai merk. Seperti Gucci, Tissot, Rolex, Richard Mille, dan Dior.

Tak hanya itu, Penyidik KPK juga menyita 36 buah tas milik Rita. Puluhan tas itu terdiri dari berbagai merk terkenal seperti Channel, Prada, Bulgari, Hermes, Celine dan lainnya. [rok]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x