Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 12:27 WIB
 

Suap Bakamla

Fahmi Sebut Fayakhun Terima Duit Rp12 M

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 24 Januari 2018 | 15:38 WIB
Fahmi Sebut Fayakhun Terima Duit Rp12 M
Direktur Utama PT Merial Esa dan PT Melati Technofo Indonesia, Fahmi Darmawansyah

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi I DPR RI Fayakhun Andriadi disebut oleh Direktur Utama PT Merial Esa dan PT Melati Technofo Indonesia, Fahmi Darmawansyah menerima uang Rp12 miliar terkait proyek Satelit Monitoting di Bakamla.

Ini disampaikan Fahmi saat bersaksi untuk terdakwa kasus dugaan suap di lingkungan Bakamla untuk terdakwa Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla, Nofel Hasan.

"Ada pemberian juga, dalam bentuk dollar AS," kata Fahmi di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (24/1/2018).

Fahmi menjelaskan, Fayakhun pernah mengklaim berjasa dalam meloloskan anggaran pengadaan proyek satelit monitoring senilai Rp500 miliar. Dan anggaran pengadaan drone senilai Rp400 miliar.

Dengan jasa itu, Fayakhun meminta fee senilai 1 persen dari anggaran total Bakamla dalam APBN sebesar Rp1,2 triliun. Adapun, fee tersebut senilai Rp12 miliar.

Menurut Fahmi, uang itu telah diserahkan kepada Fayakhun. Penyerahan sebanyak empat kali dilakukan melalui anak buah Fahmi, Muhammad Adami Okta.

Dalam penyidikan kasus ini Fayakhun yang juga Politikus Golkar diketahui sudah dicegah bepergian ke luar negeri. Bahkan pencegahan kepada Fayakhun ini sudah dua kali.[jat]

Tags

Komentar

 
x