Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 10:29 WIB

Kritik Pengurus Baru Airlangga

Kader Atau Nonkader Tak Jadi Soal

Oleh : Ivan Setyadi | Rabu, 24 Januari 2018 | 05:40 WIB
Kader Atau Nonkader Tak Jadi Soal
Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia, Maksimus Ramses Lalongkoe menganggap fenomena nonkader dalam partai politik sebagai hal biasa.

Di Golkar, kritik muncul setelah Airlangga mengumumkan kepengurusan yang baru. Dimana ada nama yang bukan kader namun menduduki jabatan strategis.

"Banyak orang-orang potensial diluar kader," katanya kepada INILAHCOM, Selasa (23/1/2018).

Selain itu, kasus nonkader yang digaet partai politik juga tampak biasa di ajang Pilkada 2018. Dimana banyak calon kepala daerah yang nyatanya bukan dari kader partai. Namun tetap mendapat dukungan dari partai politik

"Iya sama," tegasnya.

Sehingga, persoalan saat ini bukanlah soal kader dan nonkader menurut Ramses. Yang terpenting, bagaimana Airlangga dengan gerbong barunya bisa menjaga marwah Golkar dan bersaing di papan atas perpolitikan Indonesia.

"Airlangga pasti tidak ingin merusak citra partai," tandansya.

Ketua Umum Golkar kemarin mengumumkan kepengurusan baru Golkar. Golkar bersih, bakal menjadi slogan Airlangga menuju gelaran tahun politik 2018 hingga 2019 mendatang.

Komentar

x