Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 17 Oktober 2018 | 11:30 WIB

KPK Dapat Informasi Baru Terkait Hilangnya Novanto

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 23 Januari 2018 | 10:52 WIB

Berita Terkait

KPK Dapat Informasi Baru Terkait Hilangnya Novanto
Juru Bicara KPK Febri Diansyah - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapatkan informasi baru terkait hilangnya Setya Novanto pada saat proses penangkapan.

Informasi itu didapatkan penyidik setelah melakukan pemeriksaan kepada ajudan Novanto, AKP Reza Pahlevi. Adapun Reza diperiksa oleh KPK untuk dua tersangka merintangi penyidikan kasus KTP-el, Fredrich Yunadi dan dokter Bimanesh Sutarjo.

"Kami sudah dapat beberapa informasi terkait dengan apa yang terjadi ketika saksi mendampingi SN (Setya Novanto) pada saat itu. Karena posisi atau tugas ajudan kan mendampingi pejabat yang didampingi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (23/1/2018).

Bukti itu akan dicocokkan kembali dengan keterangan saksi lain serta fakta yang ada. Hal ini dilakukan oleh penyidik untuk merangkai secara utuh mengenai rangkaian hilangnya Novanto.

Adapun Reza sudah dicegah untuk bepergian ke luar negeri. Selain Reza, ada empat orang lain yang juga dicegah, yakni dokter Bimanesh Sutarjo, Fredrich Yunadi, Hilman Mattauch, dan Achmad Rudyansyah. Kelimanya dicegah bepergian ke luar negeri untuk enam bulan ke depan.

Saat ini KPK telah menetapkan Fredrich Yunadi dan dokter Bimanesh sebagai tersangka atas dugaan menghalang-halangi penyidikan Setya Novanto.

Fredrich dan Bimanesh disangka melanggar Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. [rok]

Komentar

Embed Widget
x