Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 17:06 WIB
 

Banjir Ponorogo Rendam Lima Desa di 3 Kecamatan

Oleh : - | Selasa, 23 Januari 2018 | 09:31 WIB
Banjir Ponorogo Rendam Lima Desa di 3 Kecamatan
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Ponorogo - Hujan deras yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Ponorogo sejak sore sampai Senin (22/1/2018) malam, menyebabkan banjir.

Air tidak hanya menggenangi jalan. Namun juga sudah mulai masuk ke pemukiman warga. Sedikitnya lima desa dari tiga kecamatan terendam banjir. Untuk di kawasan jalan, banjir mencapai ketinggian 1 meter. Sementara di rumah warga ada yang mencapai 0,5 meter.

Banjir tersebut juga mengakibatkan jalan antar kecamatan ikut terendam. Salah satu titik terparah yakni di jalur utama penghubung Kecamatan Kauman dan Kecamatan Sampung. Tepatnya di Desa Sumoroto Kecamatan Kauman.

"Banjir sempat menggenangi tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Sampung, Kecamatan Sukorejo dan Kecamatan Kauman," kata Kabid Rekonstruksi dan Rehabilitasi BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Ponorogo, Setyo Budiono, Selasa (23/1/2018) dini hari.

Dia menjelaskan, hujan deras mengguyur Ponorogo sejak Senin sore. Sehingga debit air sungai di tiga kecamatan itu meningkat tajam. Bahkan sungai tersebut tak mampu lagi menampung tinggi debitnya air tersebut. Hingga akhirnya meluber.

"Akhirnya tumpah. Ketinggian sampai satu meter di jalan. Bahkan sudah masuk rumah sekitar setengah meter. Padahal rumah di lokasi sudah termasuk tinggi," katanya.

Pria yang akrab disapa Budi ini mengaku bahwa BPBD sudah bersiaga. Yakni dengan menurunkan dua perahu karet di lokasi. Hal itu untuk antisipasi evakuasi warga.

"Bisa dimungkinkan hujan deras kembali mengguyur. Jadi kami antisipasi menyiapkan perahu karet untuk mengevakuasi warga," bebernya. [beritajatim]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x