Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Februari 2018 | 02:52 WIB
 

KPK Tegaskan Siap Hadapi Preperadilan Fredrich

Oleh : Ivan Setyadi | Kamis, 18 Januari 2018 | 14:32 WIB
KPK Tegaskan Siap Hadapi Preperadilan Fredrich
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menghadapi gugatan praperadilan yang diajukan oleh Fredrich Yunadi terkait kasus dugaan merintangi penyidikan KTP-el.

Fredich diketahui mengajukan gugatan praperadilan atas status tersangkanya di KPK. Fredrich tidak terima disangka menghalang-halangi penyidikan KTP-el dengan tersangka Setya Novanto yang juga mantan kliennya.

"Kami selalu siap menghadapinya (praperadilan)," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi oleh wartawan, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Sementara Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, gugatan praperadilan Fredrich tidak mempengaruhi penanganan kasusnya. Penyidikan kasus ini, kata dia, akan terus dilakukan oleh KPK.eradilan.

"Praperadilan itu hak tersangka. KPK akan jalan terus menangani kasus ini. Tapi kami yakin dengan seluruh prosedur yang sudah dilakukan baik tentang penetapan tersangka berdasarkan bukti permulaan yang cukup, penangkapan, penahanan ataupun penggeledahan," ujar Febri saat dikonfirmasi.

Sebelumnya, Pengacara Fredrich Yunadi, Sapriyanto Refa mengatakan, ada beberapa hal yang membuat kliennya menggugat KPK melalui praperadilan. Salah satunya yakni mengenai penetapan tersangka yang dianggap tidak sah.

Sapriyanto menuturkan, penetapan tersangka kepada seseorang harus memenuhi minimal dua alat bukti yang cukup. Namun, dia menilai, bukti yang dimiliki KPK belum cukup untuk menjerat Fredrich Yunadi sebagai tersangka.

Begitu pula dengan penyitaan yang dilakukan oleh KPK beberapa waktu lalu. Menurut dia, penyitaan harus dilakukan setelah mendapat penetapan dari ketua pengadilan. Hal itu telah diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). [ind]

Komentar

 
Embed Widget

x