Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 16:25 WIB
 

Idaman Ajak Parpol Tak Lolos Gugat KPU ke PTUN

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 16 Januari 2018 | 17:18 WIB
Idaman Ajak Parpol Tak Lolos Gugat KPU ke PTUN
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Sekretaris Partai Idaman, Ramdansyah mengajak rekan-rekan partai politik yang tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2019 oleh KPU untuk menggugat ke PTUN. Seain itu, mengadukan juga ke DKPP.

"Sejauh ini, kami sudah konsultasi dan komunikasi dengan teman-teman partai lain. Lima partai yang tidak lolos lainnya. Itu untuk kemudian sama-sama maju melaporkan ke DKPP, atau kalau bisa bersama juga ke PTUN," kata Ramdansyah, Selasa (16/1/2018).

Ia menjelaskan langkahnya ke PTUN untuk membuktikan bahwa data Partia Idaman berdasarkan ketika sub tahapan pendaftaran sudah lengkap, ketika sub tahapan verifikasi administrasi juga sudah lengkap.

"Nah ini yang akan kami bawa ke PTUN," ujarnya.

Menurut dia, KPU punya beberapa alasan terkait tidak lolosnya Partai Idaman yakni administrasi dan keanggotaan. Bahkan, sistem informasi partai politik (Sipol) KPU juga masih bermasalah.

"Sebab, dari Sipol KPU sebagaimana disampaikan Ketua Umum Rhoma Irama tadi terungkap data-data manipulatif dari partai politik yang sudah ditetapkan lolos pada fase pendaftaran dan sudah dibuktikan di Bawaslu," jelas dia.

Kedua, kata Ramdansyah, tahapan verifikasi administrasi itu muncul kembali persoalan dengan Sipol yakni persoalan tidak memenuhi syarat (TMS) angka 7. Padahal, tidak memenuhi syarat angka 7 itu tidak ada dalam UU Nomor 7/2017 tentang Pemilu maupun Peraturan KPU Nomor 11/2017.

"Disana tidak muncul tms angka 7. Tapi TMS angka 3, 4, 5, 6 itu muncul dalam lampiran yang tidak terpisahkan dari Peraturan KPU sendiri. Itu kami sampaikan dan kami punya dokumen TMS angka 7 berpengaruh terhadap gagalnya Partai Idaman," tandasnya. [ton]

Komentar

 
x