Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 04:55 WIB
 

Calon Ketua DPR Tidak Menunggu UU MD3 Selesai

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 9 Januari 2018 | 10:44 WIB
Calon Ketua DPR Tidak Menunggu UU MD3 Selesai
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Firman Soebagyo - (Foto: DPR)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Firman Soebagyo mengatakan untuk posisi calon Ketua DPR pengganti Setya Novanto tidak perlu menunggu penggodokan revisi UU MD3 selesai.

"Tidak menutup kemungkinan nanti suatu saat Partai Golkar akan mengajukan sebelum UU MD3 selesai, itu tidak ada masalah juga," kata Firman di Gedung DPR, Selasa (9/1/2018).

Anggota DPR Fraksi Partai Golkar ini menjelaskan posisi calon Ketua DPR itu tidak harus menunggu penyelesaian UU MD3 karena semua tergantung daripada kebijakan partai berlambang pohon beringin untuk mengajukan nama pimpinan DPR pengganti Setya Novanto.

"Jadi pergantian pimpinan DPR dengan MD3 ini sebuah mekanisme yang berbeda, kalau pimpinan DPR itu sangat bergantung daripada Partai Golkar untuk menentukan apakah itu akan diajukan sebelum MD3 selesai atau akan diajukan bersamaan nanti setelah MD3 selesai," ujarnya.

Menurut dia, UU MD3 saat ini posisinya tinggal menunggu dari keputusan pemerintah. Sebab, ketika DPR menyusun revisi UU MD3 telah disepakati untuk menambah 1 Wakil Pimpinan DPR dari partai pemenang pemilu suara terbanyak.

"Kemudian juga untuk Wakil Ketua MPR jumlahnya satu juga, tapi dalam proses pembahasan dinamika berkembang ada usulan-usulan penambahan kursi pimpinan. Karena itu, adanya masukan usulan baru ya menunggu sikap pemerintah," jelas dia. [rok]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x