Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 01:11 WIB

Saksi Akui Istri Ali Sadli Bakar Dokumen Pasca-OTT

Oleh : Ivan Setyadhi | Senin, 8 Januari 2018 | 18:21 WIB
Saksi Akui Istri Ali Sadli Bakar Dokumen Pasca-OTT
Ali Sadli

INILAHCOM, Jakarta - Istri terdakwa Ali Sadli, Auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diduga ikut melindungi suaminya setelah terjaring dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Dalam kesaksian Auditor BPK Yudy Ayodya, sang istri yang dirahasiakan identitasnya disebut membakar beberapa dokumen penting yang berkaitan dengan kasus suaminya.

Awalnya, jaksa KPK bertanya kepada Auditor BPK Yudy Ayodya yang dihadirkan sebagai saksi untuk terdakwa Ali Sadli. "Tahu enggak, ada dokumen-dokumen yang dibakar?" tanya Jaksa Ali Fikri, Senin (8/1/2018).

"Di dalam BAP saudara, saudara sempat bertanya kepada istrinya Ali Sadli, 'Bu dokumennya di mana, lalu dijawab sudah dibersihkan dan dibakar'. Apa maksudnya ini?" sambung jaksa Ali Fikri.

Yudi yang mengaku sebagai bawahan Ali Sadli pun tak menampiknya. "Saat itu saya tanya, ada dokumen yang dibakar. Saya enggak tahu, katanya dibakar," kata dia.

Dalam perkara ini, Ali Sadli didakwa menerima suap sebesar Rp 240 juta dari pejabat di Kemendes. Ali Sadli yang bersama-sama dengan Auditor Utama BPK Rochmadi Sapto Giri diberikan uang agar memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terkait laporan keuangan Kemendes PDTT tahun 2016.

Ali dan Rochmadi berdasarkan dakwaan diberikan uang oleh Irjen Kemendes Sugito dan Kepala Bagian Tata Usaha dan Keuangan Inspektorat Kemendes Jarot Budi Prabowo. Uang tersebut diduga merupakan patungan atau urunan dari para pejabat di Kemendes PDTT. [ton]

Komentar

x