Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Februari 2018 | 16:54 WIB
 

Unggah Berita Hoax KDRT, Pria Asal Pati Ditangkap

Oleh : Willi Nafie | Sabtu, 6 Januari 2018 | 15:03 WIB
Unggah Berita Hoax KDRT, Pria Asal Pati Ditangkap
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Akibat mengupload tulisan berita hoax mengenai tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh anggota DPR RI, seorang pemimpin media bodong daerah Pati, Jawa Tengah diringkus Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Kanit III Subdit II Bagian Penindakan Siber Bareskrim Polri, AKBP Irwansyah menceritakan kejadian itu bermula dari pihaknya mendapat laporan soal pemberitaan KDRT oleh Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat Mulyadi. Adapun penulis berita tersebut adalah ZA alias Zainal sekaligus pemimpin redaksi salah satu portal berita. Namun, Mulyadi yang merasa tak melakukan hal itu merasa dirugikan sehingga melaporkan pemberitaan tersebut ke Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

"Kita koordinasi dengan Dewan Pers, ternyata medianya tidak terdaftar, oleh sebab itu kami melakukan penangkapan Kamis malam. Dia (Zaenal) mengakui waktu itu memalsukan berita tersebut karena pada saat itu viral," ujar Irwansyah, Sabtu (6/1/2017).

Atas perbuatan tersebut, Zaenal dijerat pasal 45 ayat 3 Juncto 27 ayat 3 UU ITE dengan ancaman hukum 4 tahun penjara.

Sementara itu, Mulyadi mensinyalir Zaenal sengaja membuat berita hoax tersebut guna merusak nama baiknya. Namun ia juga berharap dengan kejadian itu, dapat menjadi pembelajaran agar tak semenah-menah menyebarkan peristiwa hoax.

"Berita fitnah KDRT yang melaporkan dirinya ke MKD ternyata di buat oleh media abal-abal dengan tujuan agar banyak dibaca oleh orang,tanpa memikirkan akibat tercemarnya nama baiknya di masyarakat. Kejadian ini juga merupakan pembelajaran bagi siapapun yg akan melakukan penyebaran berita di media yang sumbernya tidak valid," tutupnya. [hpy]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x