Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 15:09 WIB

Pajak Naik, Kemenag Sesuaikan Biaya Haji-Umrah

Oleh : Ray Muhammad | Rabu, 3 Januari 2018 | 19:43 WIB

Berita Terkait

Pajak Naik, Kemenag Sesuaikan Biaya Haji-Umrah
Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin angkat bicara soal rencana pemerintah Arab Saudi yang akan menerapkan pajak pertambahan nilai (PPN) mulai awal 2018 untuk biaya haji dan umrah.

Lukman mengaku sudah menerima informasi kenaikan pajak untuk warga di Arab Saudi. Kenaikan pajak ini termasuk untuk produk makanan dan minuman yang dikenakan retribusi tambahan.

Kenaikan pajak ini pun tidak terkecuali bagi produk yang dipakai bagi jamaah yang akan menunaikan ibadah haji dan umrah.

"Bisa diperkirakan biaya umrah dan haji bisa mengalami penyesuaian. Kemenag akan segera menghitung besaran pokok yang berkaitan dengan kenaikan biaya tersebut. Hal yang kami lakukan adalah mendalami komponen biaya Haji. Kalau pajaknya 5 persen kami harap kenaikannya tidak jauh," kata Lukman di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (3/1/2017).

Disamping itu, politikus PPP ini juga akan membenahi kepengurusan haji dan umroh melalui elektronik untuk mengatasi masih maraknya kecurangan dan pungli di berbagai agen perjalanan.

Nantinya, lanjut Lukman, akan dibuat aplikasi yang mewajibkan setiap biro perjalanan haji dan umrah untuk memasukan sejumlah data yang dibutuhkan.

"Seperti nama hotel yang bekerja sama, penerbangannya dan lain-lain. Kami akan menata cara umrah maupun haji dengan aplikasi elektronik. Ini sebagai alat kontrol pemerintah agar tidak ada lagi biro travel yang menelantarkan jamaahnya atau merugikan masyarakat," tandasnya. [ton]

Komentar

x