Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 20 Februari 2018 | 04:29 WIB
 

Alasan Status Tanggap Darurat Gunung Agung Dicabut

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Sabtu, 23 Desember 2017 | 10:11 WIB
Alasan Status Tanggap Darurat Gunung Agung Dicabut
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Denpasar - Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung menjelaskan alasan keputusan pemerintah mencabut status tanggap darurat Gunung Agung. Menurut dia, selama ini status tanggap darurat menimbulkan banyak tafsir bagi negara-negara penyumban turis ke Bali.

Status tanggap darurat, kata Pramono Anung, membuat beberapa negara merasa takut warganya berkunjung ke Bali sehingga mengeluarkan travel banned.

"Hal terpenting yang diputuskan adalah istilah atau status tanggap darurat dicabut, ditiadakan, sehingga tidak menimbulkan multitafsir yamg membuat negara-negara ketakutan dan mengeluarkan travel banned," kata Pramono Anung.

Dengan pencabutan status tersebut Pramono mengatakan Bali telah siap kembali menerima kedatangan wisatawan yang ingin berlibur. "Bali ini aman. Nanti Pak Wapres mulai tanggal 29 Desember 2017 hingga 1 Januari 2018 akan berlibur bersama keluarga di Bali," jelasnya.

Menteri Pariwisata Arif Yahya menambahkan, kehadiran Jokowi di Bali sebagai bentuk dukungan dan bukti bahwa kawasan ini cukup aman untuk dikunjungi. "Kehadiran presiden di sini tanpa banyak bicara sudah bicara banyak bahwa Bali normal," terangnya.

Di sisi lain, Gubernur Made Mangku Pastika menilai status tanggap darurat yang telah dicabut tak menghilangkan esensi sesungguhnya bahwa pengungsi tetap mendapat perhatian dari pemerintah.

"Tanggap darurat itu kan hanya persoalan terminologi saja dan status itu berkaitan hanya dengan pengungsi dan logistik. Logistik tetap akan dikeluarkan. Istilah tanggap darurat iu tidak menyatakan bahwa Bali dalam keadaan darurat. Tanggap darurat untuk pengungsi kaitannya untuk logistik, bukan seluruh Bali. Sekali lagi itu hanya untuk pengungsi. Itulah tadi disepakati itu dihilangkan, tapi logistik tetap dijamin," tandasnya. [ton[

Komentar

 
Embed Widget

x