Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 07:41 WIB

Puluhan Rumah di Kediri Terendam Banjir

Oleh : - | Rabu, 20 Desember 2017 | 22:34 WIB
Puluhan Rumah di Kediri Terendam Banjir
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Kediri - Sedikitnya 50 rumah warga di Desa Petok, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri terendam banjir. Ketinggian air bervariasi antara 50 hingga 75 sentimer.

Banjir terjadi setelah hujan deras mengguyur selama lebih tiga jam. Air hujan masuk ke rumah-rumah warga dan merendam perebotan. Selain itu, tanggul Sungai Klepu juga jebol karena diterjang arus deras.

Air luapan sungai meluber ke areal persawahan dan jalan raya. Akibatnya, jalur alternatif penghubung Kediri dengan Kabupaten Tulungagung terputus. Pengendara dari dua arah memilih putar balik.

"Sejak siang hari tadi hujan lebat turun. Tetapi banjir seperti ini hampir terjadi setiap tahun, karena dasar Sungai Klepu dangkal. Kami sudah melapor ke pemerintah desa, tetapi belum ada tindakan," kata Erwin, warga setempat.

Selain karena sedimentasi, sungai itu juga dipenuhi banyaknya tumpukan sampah. Hal tersebut yang menjadi peneyebab utama banjir karena aliran air sungai tidak bisa mengalir dengan lancar.

Ketinggian air yang menggenagi jalan raya, membuat petugas Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bekerjasama dengan pihak kepolisian mengalihkan jalur untuk kendaraan roda dua. Sebab jika tidak di alihkan bisa mogok ditengah genangan air.

Saat ini BPBD masih terus melakukan meitigasi di loaksi banjir, mengingat hujan masih terus terjadi di wilayah tersebut. [beritajatim]

Komentar

x