Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 15 Agustus 2018 | 18:46 WIB

KPK Perpanjang Masa Penahanan Eks Dirjen Hubla

Oleh : Ivan Setyadhi | Senin, 20 November 2017 | 19:15 WIB
KPK Perpanjang Masa Penahanan Eks Dirjen Hubla
Juru Bicara KPK, Febri Diansyah - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Senin (19/11/2017) memperpanjang masa penahanan terhadap Dirjen Hubla Kemenhub nonaktif, Antonius Tony Budiono (ATB).

Tony merupakan tersangka kasus dugaan suap terkait proyek di Kementerian Perhubungan.

"Dilakukan perpanjangan penahanan selama 30 hari mulai 22 November-21 Desember 2017 untuk kepentingan penyidikan bagi tersangka ATB di kasus suap perizinan dan pengadaan proyek di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut tahun anggaran 2016-2017," ungkap Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Senin (20/11/2017).

Selain melakukan perpanjangan penahanan, penyidik juga memeriksa yang bersangkutan sebagai tersangka.

Materi pemeriksan yang didalami penyidik ialah terkait sangkaan gratifikasi terhadap Antonius Tony Budiono, dugaan penerimaan uang dan barang-barang lainnya dalam kapasitasnya sebagai Dirjen Hubla Kemenhub.

Diketahui dalam kasus yang diawali dengan OTT pada Rabu (23/8/2017) malam hingga Kamis (24/8/2017) sore, penyidik menetapkan dua tersangka yakni Antonius Tony Budiono dan Komisaris PT Adhi Guna Keruktama, Adiputra Kurniawan.

Adiputra Kurniawan diduga menyuap Antonius Tony Budiono di dua proyek berbeda yakni pengerukan di Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dan proyek di Pulau Pisang, Kalimantan Tengah.

Atas proyek di Tanjung Mas Semarang, Adiputra diduga menyuap Antonius Tony Budiono sebesar Rp 1,174 miliar. Adiputra sendiri saat ini sedang dalam persidangan di Pengadilan Tipikor, Jakarta. [ton]

Komentar

x