Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 21 Februari 2018 | 20:27 WIB
 

Eks Tim Hukum Ahok Laporkan Anies ke Polisi

Oleh : Fadhly Zikri | Selasa, 17 Oktober 2017 | 20:18 WIB
Eks Tim Hukum Ahok Laporkan Anies ke Polisi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat menggelar rapat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Ruang Pola Balai Kota DKI Jakarta - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Pria atas nama Ronny Talapessy berencana melaporkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang pidato Anies yang menyinggung kata Pribumi.

"Kami dengan semangat pemuda Indonesia, kami dari banteng muda Indonesia Jakarta hari ini datang konsultasi dengan pihak polisi Polda Metro Jaya untuk melaporkan saudara Anies Baswedan terkait pidato yang kemarin disampaikan," kata Ronny di Mapolda Metro Jaya, Selasa (17/10/2017).

Ronny yang diketahui pernah menjadi anggota tim kuasa hukum mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu menambahkan, akan mengaitkan pidato Anies dengan instruksi presiden nomor 26 tahun 1998 tentang larangan memakai kata non pribumi dan pribumi.

"Kita kan sedang mempelajari mengenai inpres 26/98 mengenai larangan memakai kata-kata non pribumi dan pribumi dan kemudian di UU 40 tahun 2008 juga mengenai larangan menggunakan ujaran kebencian terhadap suku dan golongan tertentu," katanya.

Terkait klarifikasi yang sudah dilakukan Anies, pihaknya pun enggan berkomentar.

"Itu saya belum bicara banyak tapi kan kita berharap bahwa ini tidak menjadi polemik yang lebih besar lagi sehingga menjadi kegaduhan. Jadi hari ini kita datang konsultasi ke Polda Metro Jaya. Kita coba melihat dulu unsur pidananya masuk atau tidak," ujarnya.

Namun belum ada laporan resmi yang dibuat ke Polda Metro Jaya. Polisi juga belum menerima laporan Ronny yang pernah menjadi tim kuasa hukum Ahok dalam kasus dugaan penodaan agama tersebut.

"(Nomor) laporan masih proses. Sekarang kita diminta gelar perkara dulu di siber," tandasnya. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x