Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 13:22 WIB

'X Ray' akan Dipasang di Lapas Curup

Oleh : - | Jumat, 29 September 2017 | 00:08 WIB
'X Ray' akan Dipasang di Lapas Curup
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Rejang Lebong - Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, akan memasang alat pendeteksi sinar x atau "X Ray" guna mengantisipasi masuknya barang berbahaya ke Lapas.

Kepala Lapas Klas II A Curup Iwan Amir mengatakan pemasangan alat keamanan terbaru tersebut guna memastikan tidak adanya narkoba dan telepon seluler atau barang berbahaya lainnya yang diselundupkan pengunjung.

"Selain akan memasang alat pendeteksi "X Ray", katanya di Rejang Lebong, Kamis (28/9/2017).

Pihaknya juga akan memasang alat pengacak sinyal handphone, sehingga kalau ada narapidana atau warga binaan yang menyimpan alat komunikasi itu tidak bisa menggunakannya.

"Rencananya kami selain X Ray juga akan dipasang alat pengacak sinyal handphone. Dengan adanya kedua alat ini nantinya segala macam benda yang dibawa pengunjung bisa diketahui," ujarnya.

Pemasangan kedua alat keamanan itu rencananya akan dipasang dalam waktu dekat, dimana yang lebih dahulu akan dipasang ialah X Ray dan seterusnya baru pengacak sinyal handphone, kedua alat itu sudah dipesan yang diperkirakan dalam waktu dekat segera sampai.

Pemasangan sendiri kata Iwan Amir, sangat mereka butuhkan dalam rangka memperkuat pengamanan di Lapas itu mengingat saat ini mereka masih kekurangan personel sebaliknya jumlah tahanan yang menjalani hukuman di daerah itu sudah lebih dari 500 orang dari kapasitas 250 orang.

"Pemindai X Ray ini merupakan salah satu alat pemindai bagi tamu yang efektif, alat ini akan dipintu masuk sama seperti yang ada di bandara. Nantinya tamu yang akan berkunjung akan diperiksa dari luar juga dengan alat ini," katanya.

Sedangkan alat pengacak sinyal HP akan dipasang agar warga binaan di Lapas Klas II A Curup tidak bisa menggukannya, karena warga binaan dilarang membawa HP. Alat ini akan diaktifkan pada waktu malam hari. Alat itu hanya berfungsi di dalam Lapas sedangkan warga sekitarnya tidak akan terpengaruh.[tar]

Tags

Komentar

x