Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 21:50 WIB

Inilah Kata Menag Terkait Insiden Rohingya

Oleh : Willi Nafie | Sabtu, 2 September 2017 | 20:28 WIB
Inilah Kata Menag Terkait Insiden Rohingya
Menag Lukman Hakim Saifuddin - (Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta Pemerintah Myanmar menghormati hak asasi umat manusia. Hal ini menyusul insiden tindak kekerasan oleh militer Myanmar kepada etnis Rohingya di Rakhine.

"Myanmar harus memberikan penghormatan terhadap hak kemanusiaan, tanpa memandang etnis dan agama. Muslim Rohingya harus diberikan perlindungan," kata Lukman, lewat siaran pers yang diterima wartawan, Sabtu (2/9/2017).

Dia menuturkan, tragedi Rohingya sangat miris lantaran bersamaan umat Islam sedang melaksanakan rukun Islam kelima, yaitu beribadah haji. Umat Islam saat ini tengah melakukan napak tilas pesan kemanusiaan yang pernah disampaikan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Pesan Nabi ini menunjukkan bahwa menjadi kewajiban bersama umat manusia untuk menjaga nyawa, harta, dan kehormatan diri," lanjutnya.

Menurutnya, pemerintah Indonesia telah melakukan sejumlah langkah proaktif dan produktif dalam ikut berkonstribusi bagi penyelesaian masalah Rohingya. Di antaranya, memfasilitasi terbentuknya Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) yang beranggota 11 ormas dan lembaga kemanusiaan.


"Indonesia siap proaktif untuk ikut membantu penyelesaian masalah Muslim Rohingya di Myanmar," tutupnya. [ind]

Komentar

x