Find and Follow Us

Minggu, 26 Januari 2020 | 22:13 WIB

Penyelenggara Pemilu Sulteng Terancam Kena Sanksi

Oleh : Bayu Hermawan | Jumat, 30 Agustus 2013 | 21:30 WIB
Penyelenggara Pemilu Sulteng Terancam Kena Sanksi
(Foto:ilustrasi)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Partai NasDem meminta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memberikan sanksi tegas terhadap 11 penyelenggara Pemilu di wilayah Sulawaei Tengah. NasDem menilai, 11 orang itu telah melakukan pengabaian hak konstitusi partai sebagai peserta Pemilu 2014

"Kami menemukan sikap pengabaian dari seluruh pengadu mulai 1 sampai 11. Mereka mengabaikan sesuatu yang bagi kami sangat penting untuk hak konstitusional kami sebagai peserta pemilu," ujar Ketua Bapilu Pastai NasDem Sulawesi Tengah, Yahdi Basman dalam sidang di kantor DKPP, Jakarta, Jumat (30/8/2013).

Sebelas orang yang menjadi Teradu dalam kasus ini adalah Ketua KPU Kabupaten Tolitoli dan anggota KPU Kabupaten Morowali. Selain itu seluruh Komisioner KPU dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah serta seorang staf juga menjadi Teradu.

Perkara ini berawal dari tidak lolosnya 3 bakal Caleg DPRD tingkat II dari Partai NasDem di wilayah tersebut. Mereka adalah Azis Bestari dari daerah pemilihan Toli-Toli 3, Idham Dahlan dapil Toli-Toli 4 dan Imran Haking dari dapil Morowali.

Yahdi melanjutkan, pihaknya telah memberikan penjelasan mengenai kekurangan persyarataan ketiga calon yang dimaksud. Namun, KPU setempat tidak menghiraukan penjelasan tersebut dan tetap mencoret ketiganya dari Daftar Calon Sementara.

Yahdi pun berusaha membawa permasalahan ini ke Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah. Namun, Bawaslu pun tidak menghiraukan pengaduannya.[bay]

"Kami kemudian membawa masalah ini ke Bawaslu Provinsi Sulteng, namun hingga dua kali diajukan Bawaslu tetap menolak perkara ini dengan alasan yang tidak jelas. Tetapi Bawaslu tidak pernah menjelaskan kekurangan dalam permohonan kami," jelasnya.

Atas pelanggaran ini Yahdi memohon DKPP untuk memberi sanksi pemecatan kepada seluruh Teradu. Selain itu, ia juga meminta hal Caleg NasDem yang dicoret dikembalikan lagi.

Sidang ini dipimpin langsung oleh Ketua DKPP Jimly Ashidiqie yang didampingi oleh anggota majelis Saut H Sirait, Nur Hidayat Sardini, Valina Singka dan Ida Budhiarti. Pada sidang selanjutnya majelis akan langsung memberikan keputusannya.[bay]

Komentar

x