Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 16:21 WIB

Djoko: PP 99 Bukan Penyebab Rusuh Tanjung Gusta

Oleh : Ajat M Fajar | Senin, 15 Juli 2013 | 22:04 WIB
Djoko: PP 99 Bukan Penyebab Rusuh Tanjung Gusta
Menko Polhukam, Djoko Suyanto - (Foto : inilah.com/Wirasatria)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menko Polhukam, Djoko Suyanto memastikan jika kasus pembakaran Lapas Tanjung Gusta Medan bukan disebabkan karena pemberlakuan PP Nomor 99 Tahun 2012.

Pasalnya peraturan tersebut sudah sangat tepat untuk membuat efek jera bagi narapidana tindak pidana khusus.

"Saya pernah menyampaikan, PP No.99 tidak akan diubah karena semangat pemerintah dan semagnat komponen masyarakat untuk menegakan hukum yang tegas terhadap tiga ekstraordinary crime yaitu korupsi, terorisme dan narkoba," ujar Djoko di kantor Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2013).

Menurutnya, permasalahan yang saat ini harus dibenahi adalah mengenai poin-poin yang ada di peraturan tersebut harus dipertegas. Seperti contohnya kasus narkoba, dimana pemakai dan bandar harus dibedakan pemberlakuan hukumnya.

Djoko mengatakan, selama ini peturan yang dikeluarkan oleh Kemenkumhan soal PP No.99/2012 tentang persyaratan pemberian remisi tidak dijelaskan secara spesifik mengenai pemberlakuannya.

"Diperjelas lagi jenis hukuman seperti apa ada diatur dalam pelaksana tadi. Tapi jangan mengurangi semangat kita untuk memberantas dan menegakan hukum yang tegas kepada tiga ekstraordinary crime," tegasnya.

Lebih lanjut, dalam hasil penyelidikan dan fakta dilapangan penyebab kerusuhan dan pembakaran Lapas Tanjung Gusta lebih disebabkan karena kekecewaan napi terhadap fasilitas Lapas.

"Jangan dikaitkan dengan Tanjung Gusta dikaitkan dengan itu (PP No.99, red), tidak. Tapi itu lebih karena ketidaknyamanan akibat fasilitas dasar yang tidak dipenuhi. Itu kemudian muncul, itu kan sudah muncul sebelum itu, PP," tandasnya. [gus]

Komentar

x