Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 00:01 WIB

Dugaan Suap Turis Belanda di Bandara

Lima Petugas Bea Cukai Kini Dinonjobkan

Oleh : Dewa Putu Sumetra | Senin, 8 April 2013 | 22:03 WIB
Lima Petugas Bea Cukai Kini Dinonjobkan
Ilustrasi - Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Denpasar - Kepala Pelayanan dan Pengawasan Bea Cukai Ngurah Rai, Bali Made Wijaya mengatakan sampai saat ini tim investigasi kepatuhan internal masih bekerja dalam menangani dugaan kasus suap sebagaimana terungkap video yag diungguh di You Tube.

Wijaya mengaku sampai saat ini masih mengumpulkan keterangan dan bukti-bukti di lapangan. Menurutnya, sudah lima orang telah dimintai keterangan sebagai saksi. Untuk memudahkan jalannya pemeriksaan, menurut Wijaya, ada lima petugas yang sementara waktu dinonjobkan.

"Penonjobkan itu semata agar tidak mengganggu pemeriksaan maupun pelayanan Bea Cukai di bandara," ujar Wijaya, Senin (8/4/2013).

Ia melanjutkan, dari lima orang bawahannya itu, satu orang dianggap paling mengetahui kejadian tersebut dan hingga kini masih diperiksa. Sedangkan empat lainnya juga dimintai keterangannya karena dianggap bisa memberikan informasi dan data-data yang diperlukan untuk mengungkap praktek kotor di institusi tersebut.

"Mereka sudah dipanggil, terus terang kami harus berhati-hati menangani permasalah ini, supaya tidak salah mengambil keputusan sebab ini menyangkut karir orang," katanya.

Pihak Bea Cukai Ngurah Rai Bali, kata Wijata, sangat berhati-hati dalam menangani dugaan suap terhadap wisatawan asing agar tidak salah mengambil keputusan karena itu menyangkut karir seseorang. "Tetap harus dijunjung asas praduga tak bersalah. Jika nantinya, ada petugas terbukti terlibat maka hukum akan tetap ditegakkan tanpa pandang bulu," tegasnya.

Pasca beredarnya video suap oknum petugas Bea Cukai Ngurah Rai Bali di You Tube, Wijaya mengaku aktivitas pelayanan Bea Cukai di Bandara Internasional Ngurah Rai Bali tetap berjalan normal, tidak terganggu oleh kejadian tersebut.

Sebagaimana ramai diberitakan, setelah heboh berhasil mengunggah dan membuat video aksi uang damai polisi lalu lintas jajaran Polda Bali, turis Belanda bernama Kees van der Spek kembali mengunggah video penyuapan petugas bea cukai Bali Video berjudul Bribes To Customs Officials Ngurah Rai Airport.

Video itu kini sudah ditonton ratusan pengunjung dunia maya setelah diunggah di You Tube pada Kamis (4/4/2013) kemarin. Video dengan durasi 2 menit 39 detik bercerita Kees tiba di bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Turis Belanda yang belakangan diketahui adalah jurnalis televisi di Belanda ini bersama seorang rekannya berhasil melintasi pemeriksaan bea cukai sambil menyerahkan uang USD 200 dengan menyalami petugas bea cukai.

Aksi Kees itu tentu saja telah dipersiapkannya dan merekamnya dengan hiden kamera atau kamera tersembunyi yang dibawanya sebelum akhirnya kini bisa dilihat di internet. Sebelumnya, turis dari negeri kincir angin itu sempat membuat heboh warga dan menggemparkan pihak Mabes Polri dengan video yang dibuat dan diunggahnya di You Tube.[bay]

Komentar

x