Find and Follow Us

Sabtu, 25 Januari 2020 | 06:07 WIB

Wiranto: Sapma Hanura Jadi Pembaharu Indonesia

Oleh : Abdullah Mubarok | Minggu, 7 April 2013 | 23:02 WIB
Wiranto: Sapma Hanura Jadi Pembaharu Indonesia
Ketua Umum Partai Hanura Wiranto - (Foto: inilah.com/Ardhy Fernando)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Umum Partai Hanura Wiranto menyatakan bahwa Satuan Pelajar Mahasiswa Hanura (Sapma Hanura) akan menjadi pendobrak pembaharuan di Indonesia.

Demikian diungkapkan Wiranto kepada sekitar 1.000 pemuda, pelajar dan mahasiswa dalam acara deklarasi dan pelantikan pengurus DPP Sapma Hanura, sebuah organisasi sayap Partai Hanura di Tugu Proklamasi, Jakarta Sabtu (6/4/2013).

Menurut Wiranto acara deklarasi ini merupakan peristiwa yang sangat penting bagi sebuah parpol juga bagi pelajar dan mahasiswa, karena dengan hadirnya Sapma Hanura, maka pelajar dan mahasiswa memiliki sebuah wadah untuk memperjuangkan aspirasi politiknya, yang selama ini seolah dikebiri dengan pandangan tabu tadi, padahal sejak tahun 1928 dan tahun 1945 para pemuda pelajar memiliki peran penting dalam kemerdekaan.

"Dalam sejarah perjalanan Indonesia, pergerakan mahasiswa sangat berperan dalam kemerdekaan republik ini, seperti Budi Utomo, peristiwa Sumpah Pemuda, Proklamasi kemerdekaan pun tidak luput dari peran pemuda, perubahan dari Orla ke Orba di tahun 1966 juga menegaskan peran penting pelajar dan mahasiswa, lebih jauh pada tahun 1998 perubahan pemerintahan dari orba ke reformasi juga dipelopori oleh pemuda," ujar Wiranto

Sapma Hanura merupakan Organisasi Sayap (Orsap) Partai Hanura yang pengurusnya DPP nya berjumlah 90 orang yang berasal dari 25 Kampus se-Jabodetabek akan segera menyebar ke seluruh pelosok di Indonesia.

Wiranto menegaskan bahwa tidak layak pelajar dan mahasiswa menitipkan masa depannya kepada para orangtua, oleh karenanya pelajar dan mahasiswa harus ikut serta menentukan masa depannya melalui perjuangannya di masa kini.

"Untuk itulah partai hanura memberikan ruang seluasnya bagi pelajar dan mahasiwa untuk berkiprah , dan Hanura menjadikan Sapma sebagai garda depan pembaharuan bangsa yg sedang diperjuangkan hanura untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lagi, maka Sapma Hanura harus menjadi Embrio bagi pergerakan pembaruan yang berbasiskan hati nurani bagi pelajar dan mahasiswa di Indonesia," ujarnya.

Wiranto mengungkapkan bahwa ke depan bangsa Indonesia akan menghadapi dua keadaan, kita menjadi bangsa yang besar dan bangga diri , atau menjadi bangsa terpuruk. "Masa depan adalah milik kalian semua, tugas kami adalah untuk mengantarkan generasi muda menuju masa depan yang lebih baik," ujar Wiranto yang pada kesempatan itu juga meresmikan penggunaan 3 mobil operasional Sapma hanura yang merupakan bantuan dari Ketua Umum Pemuda Hanura Wishnu Dewanto dan swadaya dari Sapma Hanura sendiri.

Sapma Hanura diharapkan akan dapat berjuang bersama Hanura guna mewujudkan Indonesia bersih berbasis hati nurani. "Melalui Sapma Hanura ini mahasiswa dan pelajar tidak hanya sekedar mengatahui teori, tapi juga praktek, melalui Sapma Hanura kita ingin membentuk kader pelajar mahasiswa bukan hanya cerdas namun memiliki hati nurani yang akan selalu menjadi kompas kebenarnannya," Ujarnya.

Ketua Umum Sapma Hanura Muhammad Pradana Indraputra mengungkapkan kesiapannya untuk berjuang bersama Hanura untuk memajukan bangsa indonesia, "Sapma Hanura lahir karena selama ini politik seolah hanya untuk elit saja, mahasiswa hanya menjadi penonton, tapi Sapma Hanura hadir untuk membuktikan bahwa mahasiswa harus dan bisa berkiprah dalam poltik yang memajukan bangsa," ujar mahasiswa asal Universitas Indonesia ini.

"Kami ingin menunjukkan bahwa berpolitik di Partai Hanura bukanlah berpolitik yang kotor yang menghalalkan segala cara tapi berpolitik yang berhati nurani dan berorientasi pada rakyat," lanjut Pradana.

Sementara itu Ketua Umum Pemuda Hanura dan Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga DPP Partai Hanura Wishnu Dewanto yang turut membidani lahirnya Sapma Hanura ini menegaskan dukungannya pada kiprah Sapma Hanura. [gus]

Komentar

x