Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 08:05 WIB

KPK Harus Tahan Andi Mallarangeng Usai Diperiksa

Oleh : Firman Qusnulyakin | Minggu, 7 April 2013 | 19:24 WIB
KPK Harus Tahan Andi Mallarangeng Usai Diperiksa
mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng - (Foto: inilah.com/Ardhy Fernando)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) harus menahan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Alfian Mallarangeng pasca-pemeriksaannya sebagai tersangka pada Selasa (9/4/2013).

Peneliti Pusat Kajian Anti Korupsi Universitas Gadjah Mada (Pukat UGM) Hifdzil Alim memahami penahanan tersangka korupsi di KPK, termasuk Andi Mallarangeng merupakan kewenangan penyidik. Tetapi untuk menjalankan persamaan di depan hukum, KPK harus memposisikan Andi Mallarangeng seperti tersangka lain.

"Untuk menghindarkan isu tidak sedap, karena tersangka di kasus lain ditahan seperti LHI, tak ada kelirunya juga diterapkan hal yang sama kepada Andi maupun tersangka lainnya pasca pemeriksaanya sebagai tersangka," kata Hifdzil, Minggu (7/4/2013).

Dia berpandangan, pemeriksaan Andi Alfian Mallarangeng sebagai tersangka tentu sudah direncanakan KPK jauh hari. "Kita harapkan pemeriksaan ini akan membawa titik terang kasus Hambalang," ungkapnya.

Andi Mallarangeng ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi pembangunan sarana prasarana Sport Center Hambalang dalam kapasitasnya sebagai Menpora dan pengguna anggaran (PA) proyek Hambalang.

Dia disangkakan melanggar pasal 2 ayat (1) dan atau pasal 3 Undang-Undang (UU) Nomor 30/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo jo Pasal 55 ayat (1) ke-(1) jo pasal 64 ayat (1) KUHPidana. [mvi]

Komentar

x