Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 06:59 WIB

Komnas HAM: Penyerang LP Cebongan Adalah Teroris

Oleh : Agus Rahmat | Jumat, 29 Maret 2013 | 04:15 WIB
Komnas HAM: Penyerang LP Cebongan Adalah Teroris
ilustrasi - ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pelaku penyerangan terhadap tahanan LP Cebongan Sleman, DIY adalah teroris. Tidak hanya menewaskan 4 tahanan titipan Polda DIY namun juga tahanan menjadi trauma.

Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnasham) Siane Indriani mengatakan, aksi kelompok bersenjata tersebut telah menimbulkan keresahan dan ketakutan. Dengan begitu, para pelaku itu bisa disebut teroris.

"Pelaku itu teroris juga. Kan itu bentuk teror pada masyarakat, umum dan negara. Jadi seharusnya ada berlakukan stigma yang sama," jelasnya disela-sela pengajian PP Muhammadiyah, di kantor PP Muhammadiya Menteng Jakarta, Kamis (27/3/2013) malam.

Siena menjelaskan, bahwa perilaku kelompok bersenjata tersebut telah menyerang institusi negara. Juga membuat rasa takut yang meluas. Maka selayaknya disebut teroris.

"Ini sudah merongrong negara dan membuat kehilangan rasa aman. Tindakan penembak dalam kaitan dengan teroris. Mereka seharusnya dipanggil teroris," jelasnya.

Selama ini, teroris selalu diidentikkan denggan perang jihad dan kelompok agama tertentu. Namun, kondisi sekarang juga menurutnya bisa dikategorikan teroris. "Karena terjadi dirumah negara dan dia melecehkan hukum," tandasnya.[jat]

Komentar

x