Find and Follow Us

Jumat, 13 Desember 2019 | 20:26 WIB

SBY Jadi Ketum, Totok Riyanto Akan Gantikan Ibas

Oleh : Ajat M Fajar | Jumat, 29 Maret 2013 | 01:12 WIB
SBY Jadi Ketum, Totok Riyanto Akan Gantikan Ibas
Susilo Bambang Yudhoyono - Totok Riyanto - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Dukungan terhadap Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terus mengalir dari seluruh kader untuk maju sebagai ketua umum DPP Partai Demokrat. Bahkan jika nantinya SBY menjadi ketua umum, maka posisi Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) sebagai Sekjen maka diganti.

Pengamat politik dari Indobarometer, M Qodari menilai, jika nantinya SBY menerima dukungan dari DPD dan beberapa kader Demokrat untuk maju sebagai ketua umum, maka ada konsekuensi yang harus diambil yakni mengganti Sekjen DPP Partai Demokrat yang kini dipegang oleh Ibas.

"Kalau pak SBY jadi ketua umum, Sekjennya bisa pak Totok Riyanto," ujar Qodari di Jakarta, Kamis (28/3/2013).

Menurutnya, keputusan ini harus diambil oleh SBY jika nantinya menjadi ketua umum DPP Partai Demokrat. Pasalnya jika Sekjen masih dipegang oleh Ibas, nantinya akan timbul kesan jika Partai Demokrat adalah partai keluarga Cikeas.

Qodari mengatakan, kapasitas Totok Riyanto sendiri sudah teruji dimana dirinya saat ini menjadi Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat. Pasisi tersebut terbukti berhasi menjalankan manejerial di internal partai.

"Dia kan merukapan pengurus harian jadi bisa mengemban tugas ini (Sekjen)," tandasnya.

Sebelumnya, beberapa kader DPP Partai Demokrat juga pernah menyebutkan jika nantinya SBY menjadi ketua umum DPP Partai Demokrat, maka posisi Sekjen partai harus diberikan kepada orang lain. Dengan demikian Ibas harus mundur dari jabatannya.[jat]

Komentar

x