Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 06:53 WIB

Lemhanas Ingin RUU Kamnas Segera Disahkan

Oleh : Iwan Purwantono | Kamis, 28 Maret 2013 | 03:02 WIB
Lemhanas Ingin RUU Kamnas Segera Disahkan
Gubernur Lemhanas, Prof Budi Susilo Soepandji - ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta- Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) mendukung pembahasan RUU Keamanan Nasional. Demi menjaga wibawa serta keutuhan bangsa yang semakin terancam.

Menurut Gubernur Lemhanas, Budi Susilo Soepandji, RUU Kamnas perlu segera dibahas dan diketok palu antara DPR dengan pemerintah. Lemhanas mendukung RUU Kamnas segera dibahas dan disetujui. Kami punya tanggung jawab moril sebagai pembuat naskah akademiknya, papar Budi kepada wartawan usai diskusi bertema Pendidikan yang digelar Founding Fathers House (FFH) di Jakarta, Rabu (27/03/2013).

Tentang kekhawatiran dari kalangan aktivis yang menyebut RUU Kamnas melahirkan Kopkamtib (Komando Operasi Pemulihan Keamanan dan Ketertiban) seperti era Orba, Budi menyangkalnya. Sebab, saat ini, tidak memungkinkan lagi untuk lahir sistem Kopkamtib yang dituding melanggar demokrasi dan HAM.

Sekarang kan zamannya demokrasi. TNI juga tunduk di bawah supremasi sipili, tidak boleh berpolitik dan berbisnis. Demikian bunyi UU TNI. Jadi, tidak mungkin Kopkamtib seperti masa lalu muncul lagi. Apalagi lahirnya melalui UU Kamnas, berlebihan itu, paparnya.

UU Kamnas merupakan payung hukum yang bersifat solutif. Bahwa TNI dan Polri bisa bersinergi dalam menangkal setiap ancaman dan tantangan yang mengkhawatirkan NKRI. Termasuk membuka peran sipil untuk ikut berperan aktif dalam menjaga keutuhan NKRI. [tjs]

Komentar

x