Find and Follow Us

Kamis, 23 Januari 2020 | 09:17 WIB

Roy Suryo Bisa Gunakan IT di Birokrasi Kemenpora

Sabtu, 12 Januari 2013 | 23:12 WIB
Roy Suryo Bisa Gunakan IT di Birokrasi Kemenpora
Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo - inilah.com/Wirasatria
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Peneliti senior Pusat Penelitian Politik-LIPI, Siti Zuhro, menilai penunjukkan Roy Suryo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) memiliki korelasi terhadap latar belakangnya sebagai pakar telematika.

"Roy bisa menggunakan IT untuk mendukung transparansi birokrasi. Sehingga akuntabilitas Kemenpora semakin bagus," kata Siti di Jakarta, Sabtu (12/1/2013).

Menurutnya, transparansi birokrasi adalah hal pertama yang harus diperbaiki. Roy Suryo dianggap memiliki kapasitas dan latar belakang IT yang baik sehingga transparansi birokrasi yang berkaitan dengan anggaran dapat dilakukan.

Selain itu, kisruh PSSI-KPSI juga menjadi permasalahan yang harus segera dicarikan solusinya oleh Roy Suruo sebagai Menpora baru.

"Roy harus menemukan solusi kepengurusan ganda PSSI tersebut. Bagaimana menyelesaikan konflik PSSI-KPSI, apakah dibuat bersatu, memilih salah satunya atau tidak dua-duanya," imbuhnya

Tak hanya itu sebagai pimpinan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Roy juga harus mampu meningkatkan peran dan prestasi di bidang kepemudaan dan tentunya olahraga, yang saat ini belum ada prestasinya.

Siti menilai, presiden tentu membaca yang menjadi kebutuhan mendesak tersebut, dan apa tantangan yang dihadapi Menpora baru.

"Presiden pasti tahu persis kapasitas Roy Suryo. Sebab, dia akan menyelesaikan PR-PR itu. Saya bukan meragukan apakah Roy bisa bekerja sebagai Menpora. Dia harus meyakinkan stake holder. Biasanya orang yang diragukan, justru ingin membuktikan kalau dia bisa," tandasnya.[jat]

Komentar

x