Find and Follow Us

Jumat, 15 November 2019 | 18:06 WIB

Tamil Dukung Cagub Sumut yang Konsen pada Olahraga

Sabtu, 12 Januari 2013 | 21:20 WIB
Tamil Dukung Cagub Sumut yang Konsen pada Olahraga
Pasangan kandidat Gubernur Sumut Chairuman-Fadly - ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Warga suku Tamil di Medan yang tergabung dalam Tamil Peduli Rakyat (TPR) mendukung rencana salah satu kandidat Cagub Sumatera Utara (Sumut) Chairuman-Fadly menggelar kembali turnamen sepakbola Marah Halim Cup. Pasalnya turnamen itu sudah lama tak dihelat lagi.

"Kami sangat mendukung rencana Chairuman-Fadly untuk menggelar kembali Marah Halim Cup. Mudah-mudahan Pak Chairuman jadi gubernur," kata Ketua TPR, P. Krishna Bakti Naidu dalam keterangan persnya kepada INILAH.COM, Sabtu (12/1/2013).

Menurut dia, rencana pasangan Chairuman selaku kandidat Gubernur Sumut nomor urut 3 itu untuk menggelar kembali Marahalim Cup merupakan solusi tepat untuk mengangkat kembali citra Sumut khususnya dalam bidang sepakbola. Karena turnamen sepakbola berskala internasional tersebut sudah tida pernah lagi digelar setelah memasuki masa keemasan pada era tahun 1970 hingga 1980-an.

Krishna mengatakan, penyelenggaraan turnamen sepakbola Marah Halim Cup di beberapa dasawarsa lalu banyak berdampak positif bagi kemajuan sepakbola di daerah ini, terutama bagi PSMS Medan. Pada masa itu, beberapa pemain dari turunan Tamil turut memberi andil terhadap prestasi yang diraih klub berjuluk 'Ayam Kinantan' itu.

Salah satu pemain turunan Tamil yang pernah memperkuat skuad PSMS pada masa itu, di antaranya Tumsila. Selain itu, sejumlah pemain turunan Tamil juga banyak memperkuat PSMS dan sejumlah klub terkemuka di Tanah Air, antara lain Julius Raja, Puspom, A.Y Jaya Silen, dan Apoy.

Lebih lanjut Krishna mengatakan, niat Chairuman tersebut akan turut membangkitkan kembali gairah generasi muda warga Tamil di Sumut untuk lebih bergairah lagi menekuni. Diakuinya, sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang cukup diminati warga turunan Tamil di Sumut.

Krishna memaparkan beberapa nama atlet legendaris India di Sumut lainnya juga pernah meraih prestasi nasional dan internasional, di antaranya Gurnam Singh (pelari cepat peraih medali emas Asian Games). Prestasi yang pernah ditoreh para warga turunan India di Sumut selama ini, menunjukkan bahwa daerah ini sesungguhnya memiliki banyak bibit atlet berbakat dan potensial untuk dibina menjadi atlet handal. Pembinaan yang baik akan membuat mereka mampu mengharumkan nama daerah ini di tingkat nasional dan internasional.

"Kami sependapat dengan pernyataan Pak Chairuman yang pernah menyebutkan bahwa, bagaimana sepakbola Sumut mau bangkit kalau stadion yang layak itu-itu saja" tandasnya.

Sebelumnya, niat Chairuman-Fadly untuk menghidupkan kembali Piala Marah Halim Cup dan membangun stadion sepakbola berskala internasional pernah diungkapkan pasangan dalam sebuah sesi wawancara dengan salah satu stasiun radio di Medan. Chairuman juga menyatakan prihatin dengan kondisi sarana olahraga di Sumut, sehingga menjadi kendala utama daerah ini dalam hal menggelar even olahraga berskala internasional.[jat]

Komentar

x