Find and Follow Us

Senin, 14 Oktober 2019 | 13:55 WIB

IPW: Papua Daerah Rawan untuk Polisi

Oleh : Renny Sundayani | Minggu, 23 Desember 2012 | 16:19 WIB
IPW: Papua Daerah Rawan untuk Polisi
Neta S Pane - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengungkapkan, sepanjang tahun 2012 Papua merupakan daerah paling rawan bagi kepolisian.

"Ada delapan peristiwa konflik orang tak dikenal dengan polisi di Papua yang menewaskan 10 polisi," katanya melalui siaran pers, di Jakarta, Minggu (23/12/2012).

Selain Papua, ada beberapa daerah rawan lainnya seperti Sulawesi Tengah yang mengakibatkan tewasnya anggota Polri dalam menjalankan tugasnya.

"Posisi daerah terawan kedua adalah Sulawesi Tengah. Ada lima peristiwa konflik polisi dengan orang tak dikenal yang menyebabkan lima polisi tewas," jelasnya melalui BlackBerry Mesenger (BBM).

Selanjutnya daerah lainnya yakni daerah Solo, daerah ini juga menjadi sangat rawan di tahun 2012.

"Daerah terawan ketiga adalah Solo, Jawa Tengah. Di daerah ini ada empat konflik polisi dengan orang tak dikenal yang menewaskan dua polisi dan empat luka-luka," ungkapnya.

Sejak awal 2012, lanjut dia, IPW sudah memprediksi bahwa polisi akan menjadi sasaran dari para pelaku kejahatan, baik teroris, maupun kriminal lainnya.

"Untuk itu, Polri harus segera introspeksi dan berbenah, melatih jajaran bawahnya dengan maksimal, membenahi psikologi dan stabilitas emosional personelnya serta meningkatkan kualitas pendidikan di SPN, jangan hanya 3-5 bulan, seperti sekarang ini, minimal dua tahun agar polisi-polisi di jajaran bawah bisa benar-banar terlatih dan profesional, terutama menghadapi para pelaku kriminal," tegas Neta. [yeh]

Komentar

x