Find and Follow Us

Minggu, 19 Januari 2020 | 01:06 WIB

DPR Sahkan Tujuh Kabupaten Baru

Oleh : Marlen Sitompul | Jumat, 14 Desember 2012 | 21:00 WIB
DPR Sahkan Tujuh Kabupaten Baru
inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Indonesia kini memiliki tujuh Kabupaten baru yang baru saja disahkan oleh DPR dan Pemerintah dalam sidang paripurna, hari ini, Jumat (14/12/2012).

Dalam Undang-undang yang baru disahkan ini ada tujuh daerah otonom baru (DOB) yakni Kabupaten Mahakam Ulu di Provinsi Kalimantan Timur, Kabupaten Malaka di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Mamuju Tengah di Provinsi Sulawesi Barat, Kabupaten Banggai Laut di Provinsi Sulawesi Tengah.

Selain itu, ada juga Kabupaten Pulau Taliabu di Provinsi Maluku Utara, lalu ada Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir di Provinsi Sumatera Selatan, dan yang terakhir Kabupaten Kolaka Timur di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Rapat paripurna DPR, yang dipimpin Ketua DPR Marzuki Alie itu akhirnya sepakat mensahkan UU DOB setelah mendengarkan pemaparan Ketua Komisi II DPR RI Agun Gunanjar Sudarsa dan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi.

Ketukan palu Marzuki Alie itu disambut gembira oleh masyarakat dari kabupaten baru tersebut yang memenuhi ruang rapat paripurna DPR.

Mendagri Gamawan Fauzi yang mewakili pemerintah dalam sambutannya menyatakan bahwa banyak hal yang menjadi pertimbangan dalam pembentukan DOB. Pertama, DOB dimaksudkan benar-benar meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Bukan hanya untuk pemekaran semata, tapi untuk membuat pelayanan publik lebih baik dan pembangunan berorientasi masyarakat," kata Gamawan, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat.

Gamawan mengatakan bahwa sejak awal reformasi dari tahun 1999 hingga tahun 2009 lalu ada pembentukan daerah otonom baru dengan total 205 Kabupaten. "Terus dalam 2 bulan terakhir ini ada tambahan 12 kabupaten baru, jadi sekarang ada 217 kabupaten baru," terangnya.

Lebih lanjut, Gamawan juga menjelaskan bahwa tujuh kabupaten baru itu akan menggelar pemilihan kepala daerah pada tahun 2015 mendatang setelah Pemilu legislatif 2014. Untuk sementara, Kepala Daerahnya akan ditunjuk oleh Pemerintah Pusat.[man]

Komentar

Embed Widget
x