Find and Follow Us

Selasa, 12 November 2019 | 05:35 WIB

RSDC Terobosan Polri Tekan Angka Kecelakaan

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Senin, 26 November 2012 | 00:10 WIB
RSDC Terobosan Polri Tekan Angka Kecelakaan
Riau Safety Driving Center - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Guna menekan angka kecelakaan lalu lintas dengan membangun kompleks Riau Safety Driving Center (RSDC) di Riau, Pekanbaru.

Pembangunan ini juga bagian dari sosialisasislogan 'Jadilah Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Budayakan keselamatan sebagai Kebutuhan di seluruh Indonesia'.

Kepala Korps Lalu Lintas, Polri Irjen Pol Pudji Hartanto mengatakan, pembangunan RSDC menjadi tempat pelayanan, pembelajaran serta edukasi guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. Diharapkan Pudji, dengan dibangunnya RSDC sekaligus dapat menciptakan banyak pelopor kesemalatan berlalu lintas di masyarakat.

"Di RSDC masyarakat bisa berinteraksi, bermain serta memahami peraturan lalu lintas, hingga bisa menerapkannya dikehidupan nyata, hingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas," terang Pudji saat ditemui di Jakarta, Minggu (25/11/2012).

Kompleks Riau Safety Driving Center (RSDC), dijelaskannya dilengkapi berbagai fasilitas berkaitan dengan lalu lintas, sari edukasi, pelayanan dan informasi. RSDC juga disebut sebagai Taman Wisata Edukasi Lalul Lintas. Untuk pembelajaran lalu lintas didirikan Taman lalu Lintas.

"Disini masyarakat dari usia dini hingga dewasa dapat belajar soal tata tertib lalu lintas, serta keselamatan di jalan," ungkapnya.

Tak hanya itu, di RSDC dibangun Traffic Management Control (TMC), yang berfungsi sebagai pusat kendali, koordinasi, komando serta informasi Polda Riau.

Kelengkapan RSDC sebagai pusat kegiatan lalu lintas bertambah dengan fasilitas pelatihan keselamatan berkendara roda dua dan empat bagi pengemudi awal berkelanjutan serta profesional.

Yang tak kalah menarik, pada salah satu bagian komples RSDC dibangun tugu peringatan kecelakaan lalu lintas atau Traffic Accident Memorial (TAM) setinggi 27 meter dan dibangun dengan material bekas kendaraan yang mengalami kecelakaan fatal, baik roda dua maupun empat. [gus]

Komentar

Embed Widget
x