Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 18:53 WIB

Terlilit Hambalang, Dua Menteri Disarankan Mundur

Oleh : Iwan Purwantono | Minggu, 4 November 2012 | 18:11 WIB
Terlilit Hambalang, Dua Menteri Disarankan Mundur
Proyek Hambalang - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal Hambalang menyeret dua menteri. Konsekuensinya, keduanya mundur. Kalau tidak, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang mencopotnya.

Menurut Presiden LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Jusuf Rizal, audit BPK sudah menyebut adanya keterlibatan kasus dugaan korupsi Hambalang kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dan Menteri Keuangan Agus Martowardojo.

"Daripada dicopot presiden, mending mundur sajalah. Itu lebih gentle dan bijak. Karena kasus ini akan menyita energi dua menteri tersebut. Alhasil, mereka nggak akan fokus dalam bekerja," tuturnya kepada INILAH.COM, Minggu (4/11/2012).

Selama ini, lanjutnya, korupsi yang menyeret bos di kementerian, acapkali tak pernah tuntas. Karena kesalahan hanya ditimpakan kepada bawahan. "Audit BPK tentang Hambalang adalah kuncinya. Kedua menteri ini, tidak bisa lari lagi. Kalau enggak mundur, LIRA secara resmi akan usulkan reshuffle," paparnya.

Menurutnya, reshuffle bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Terhadap anak buahnya yang terlibat penilepan anggaran, presiden diharapkan bisa bertindak tegas. "Di era terakhir ini, Pak SBY harus bisa menjadi panutan, khusnul khotimah," kata dia. [mvi]

Komentar

x