Find and Follow Us

Kamis, 23 Januari 2020 | 09:34 WIB

Kasus Simulator SIM

Penggeledahan KPK Sesuai Aturan

Oleh : Anton Hartono | Sabtu, 27 Oktober 2012 | 02:51 WIB
Penggeledahan KPK Sesuai Aturan
Juru Bicara KPK, Johan Budi SP - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi SP menyatakan bahwa penggeledahan yang dilakukan di Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah sesuai aturan yang berlaku. Karenanya, KPK mempersilahkan petugas dari Korlantas untuk mencatat semua dokumen yang disita KPK.

"Waktu penggeledahan ada surat penetapan dari pengadilan. Proses penyitaan itu juga ada pihak Korlantas yang mendampingi dan tercatat lengkap mana yang disita dan dibawa. Semua tercatat dalam Berita Acara Penyitaan," ujarnya, Jumat (26/10/2012).

Menurutnya dalam penggeledahan tidak ada barang yang disortir oleh pihak Korlantas dalam pencatatan. Dan dirinya mengaku belum tahu dokumen apa saja yang diminta kembali oleh Korlantas, karena semua data berada di tangan penyidik KPK.

"Waktu penggeledahan disaksikan oleh Korlantas. Tapi saya tidak tahu kalau pihak Korlantas bilang ada hal-hal yang tidak terkait," tambahnya.

Pada 31 Juli 2012 lalu, KPK mencari dokumen tentang dugaan korupsi pengadaan proyek simulator SIM di Korlantas. Upaya penggeledahan dilakukan untuk mengembangkan penyidikan terkait tersangka mantan Kepala Korlantas Polri Inspektur Jenderal Djoko Susilo. [ton]

Komentar

x