Find and Follow Us

Jumat, 24 Januari 2020 | 18:22 WIB

Candi Situs Penatih Diduga Terbesar di Bali-Nusra

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Kamis, 25 Oktober 2012 | 01:45 WIB
Candi Situs Penatih Diduga Terbesar di Bali-Nusra
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Denpasar - Kepala Balai Arkeologi Denpasar yang mewilayahi Bali, NTT dan NTB, Made Geria berkeyakinan candi purbakala yang ditemukan di Jalan Trengguli Gang IV D, Denpasar, Bali merupakan candi terbesar di wilayah Bali-NTB-NTT (Bali-Nusra).

Atas temuan spektakuler ini, Geria mengakui sudah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pemkot Denpasar. "Disepakati minggu depan akan digelar pertemuan untuk membahas hal ini," ucap Geria, Rabu (24/10/2014).

Terkait apakah penemuan candi ini akan dilakukan pemugaran atau tidak Geria mengaku akan membahas dalam pertemuan tersebut, mengingat lokasi penemuan itu berada di kawasan pemukiman warga. "Kami juga sudah mengkoordinasikan temuan ini ke Balai Pelestarian Cagar Budaya," imbuh Geria.

Dengan penemuan ini, ia menyampaikan terimakasih kepada pemilik lahan yang telah melaporkan temuan ini dan telah memberikan kesempatan kepada tim peneliti untuk melakukan penggalian dan riset di lokasi.

Penemuan candi ini bermula pada akhir September lalu, ketika lima orang warga setempat melakukan penggalian tanah untuk membuat resapan air. Saat penggalian mencapai kedalaman satu meter, para penggali justru menemukan batu padas ukuran 40 x 40 cm berderet sepanjang 1 hingga 1,1 meter.

Sampai saat ini tim dari Balai Arkeologi Denpasar sudah berhasil mengangkat 22 batu dengan panjang 120 sentimeter dengan lebar 40 x 40 sentimeter. bentuknya seperti balok dengan pinggiran yang tertata rapih.[dit]

Komentar

x