Find and Follow Us

Kamis, 12 Desember 2019 | 18:08 WIB

Polri Tak Perpanjang Penugasan Penyidiknya di KPK

Oleh : Firman Qusnul Yakin | Jumat, 14 September 2012 | 22:35 WIB
Polri Tak Perpanjang Penugasan Penyidiknya di KPK
inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan jika Mabes Polri tidak memperpanjang masa tugas 20 anggotanya yang bekerja sebagai penyidik di KPK. Namun, Juru Bicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo, hal itu masih proses negosiasi, karena dalam peraturan resmi masih ada peluang untuk diperpanjang.

"Kalau dikatakan 20 ini kan baru proses, keputusan belum final, masih akan dibicarakan. Tentu kalau 20 dari jumlah penyidik KPK sementara kasus yang sedang ditangani KPK sangat banyak," kata Johan, Jumat (14/9/12) malam.

Lebih lanjut Johan mengatakan, pimpinan KPK bersama Deputi masih membicarakan surat diajukan oleh Mabes Polri itu. Selanjutnya, Pimpinan KPK akan berkordinasi dengan Mabes Polri persoalan penarikan ini.

Sebelumnya, Karo Penmas Mabes Polri Brigjend Pol Boy Rafli Ammar mengatakan, Penyidik yang telah habis masa kerjanya di KPK tidak akan diperpanjang lagi. Mereka akan bertugas kembali di Polri.

Lebih jauh dikatakan Boy, jika KPK nantinya masih membutuhkan pengganti penyidik yang tidak diperpanjang itu, maka Mabes Polri akan mempersiapkan penyidik yang dibutuhkan oleh KPK.

Penyidik dari Polri sendiri di KPK tercatat sebanyak 100 orang.

Dalam Pasal 5 ayat 3 Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2005 Tentang Sistem Manajemen SDM KPK, menyatakan masa penugasan pegawai negeri yang dipekerjakan pada KPK, seperti penyidik dari pihak polri paling lama 4 tahun dan hanya dapat diperpanjang 1 kali.[jat]

Komentar

x