Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 00:32 WIB

Presiden PKS Dinilai Belum Bisa Saingi Ical

Oleh : Laela Zahra | Jumat, 7 September 2012 | 23:02 WIB

Berita Terkait

Presiden PKS Dinilai Belum Bisa Saingi Ical
Luthfi Hasan Ishaaq-Aburizal Bakrie - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Diusungnya Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq untuk menjadi calon Presiden (capres) PKS di 2014, dinilai belum memiliki kekuatan. Bahkan, masih kalah jauh dibandingkan capres Golkar Aburizal Bakrie atau Ical.

Diajukannya nama Luthfi, hanya untuk menaikkan posisi tawar PKS itu sendiri. Apalagi, sejauh ini sejumlah partai besar sudah mengajukan nama jagoannya. Sebut saja Golkar yang mengajukan Ical, PAN sudah pasti mengusung Hatta Radjasa, PDI Perjuangan masih kemungkinan Megawati, Prabowo Subianto melalui Gerindra. Nama-nama tersebut lebih populer dipublik jika dibandingkan dengan Luthfi.

"Bisa saja pencalonan itu tidak sungguh-sungguh (mencalonkan Luthfi, red), tapi hanya bagian dari upaya untuk meningkatkan daya tawar PKS terhadap kekuatan yang dianggap lebih punya kemampuan kompetitif," ujar pengamat politik dari Universitas Airlangga, Haryadi, kepada INILAH.COM, Jumat (7/9/2012).

Dengan memunculkan nama Luthfi sebagai capres 2014, PKS ingin dilirik sejak dini oleh partai politik yang memiliki kekuatan lebih besar untuk berkompetisi di pemilihan presiden 2014. PKS dinilai ingin segera membangun komunikasi politik di 2014, tentu dengan tawaran bahwa PKS siap menghibahkan Luthfi.

"PKS ingin bersegera ditengok sejak awal, PKS termasuk kekuatan yang pantas diperhitungkan. Seandainya PKS maju sendiri agak sulit, PKS punya nilai kompetensi yang memadai," kata Haryadi.

Lebih lanjut, Haryadi menilai, PKS sudah mulai pemanasan untuk pemilu 2014. Itu sah-sah saja, karena PKS punya mesin yang kuat dan solid. "Munculnya nama pak Luthfi hanya memanaskan mesin partai untuk kepentingan 2014," kata dia. [gus]

Komentar

x