Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Maret 2019 | 00:28 WIB

Enggan Disalahkan, Zulkarnaen Salahkan Kemenag

Oleh : Firman Qusnul Yakin | Jumat, 7 September 2012 | 22:10 WIB

Berita Terkait

Enggan Disalahkan, Zulkarnaen Salahkan Kemenag
Zulkarnaen Djabar - inilah.com/Wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Tersangka kasus dugaan korupsi pembahasan Al Quraan di Kementerian Agama (Kemenag) Zulkarnaen Djabar enggan dipersalahkan dalam kasus yang menyeretnya tersebut.

Bahkan, anggota Komisi VIII dari Fraksi Partai Golkar DPR ini justu menuding Kemenag yang bersalah. Bagi mantan anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR ini, Kemenag lah yang paling bertanggung jawab soal proyek pengadaan Al Quraan tersebut.

Lebih lanjut, dia bersikukuh jika DPR itu hanya berada pada tataran kebijakan anggaran saja. "Saya kira mekanisme pengadaan lelang dalam hal barang-barang di program pemerinahan kewenangan pemerintah. DPR itu hanya berada pada tataran kebijakan anggaran," kata Zulkarnaen sebelum diboyong ke rutan KPK, Jumat (7/9/2012).

Kendati demikian, dia berjanji akan kooperatif dalam proses penyidikan kasus yang menderannya. Pun termasuk membongkar dugaan ketelibatan sejumlah petinggi Kemenag. "Saya akan kooperatif," tegasnya.

Zulkarnen ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembahasan anggaran proyek pengadaan Alquran tahun 2011 pada 29 Juli lalu.

Zulkarnaen Bersama anaknya, Dendi Prasetya disangkakan dalam pasal penyuapan, keduanya dijerat dengan pasal 12 huruf a atau b subsidair pasal 5 ayat 2, lebih subsidair pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Mereka diduga telah menerima suap yang Nominalnya diduga mencapai sekitar Rp. 4 miliar. Zulkarnaen diduga terlibat dalam pembahasan anggaran proyek pengadaan Al Quran pada tahun 2011 senilai Rp20 miliar. Sementara untuk pengadaan laboratorium komputer senilai Rp31 miliar. [gus]

Komentar

x