Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:49 WIB

Ikut Awasi Terorisme, Ini Alasan TNI Kecolongan

Oleh : Marlen Sitompul | Kamis, 6 September 2012 | 04:01 WIB
Ikut Awasi Terorisme, Ini Alasan TNI Kecolongan
inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - TNI turut serta melakukan pengawasan dari tindakan radikal terorisme yang kerap mengacaukan keamanan wilayah NKRI. Namun, aparat keamanan baik Polri dan TNI masih saja kecolongan.

Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengakui, pihaknya masih saja kecolongan terhadap peredaran senjata yang digunakan oleh para pelaku teroris.

Namun menurutnya, kemungkinan senjata-senjata yang dimiliki oleh para teroris tersebut berasal dari jalur-jalur yang tidak diketahui oleh pasukannya di kawasan perbatasan.

"Pengawasan sudah kita lakukan, tetapi barangkali mereka menerima mendapatkan senjata dari jalan-jalan yang tidak terpantau oleh kita," kata Agus Suhartono saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Lebih lanjut Agus menjelaskan bahwa tak sedikit para anggota teroris itu belajar dan berlatih di Filipina. "Nah cara masuk ke Indonesia ini banyak, kalau jalur yang terkena sweeping pasti enggak bisa, tentu mereka lewat jalur yang tidak terawasi. Bukan berarti Kita tidak melakukan pengawasan, kita lakukan, tetapi dengan dia juga melakukan cara-cara yang di luar pengetahuan kita," ungkap Agus.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa aparat intelijen dari pihaknya juga telah melakukan diteksi dini untuk mengetahui aktivitas para pelaku teror.

"Tetapi memang peraturan perundangan kita kalau kita mengetahui ada hal-hal yang akan terjadi, kita hanya bisa mencegah dan menghimbau, tidak bisa melakukan tindakan seperti dulu." [gus]

Komentar

x