Find and Follow Us

Sabtu, 7 Desember 2019 | 17:12 WIB

Komnas HAM Ingatkan SBY Soal Konflik Agraria

Oleh : Firman Qusnul Yakin | Minggu, 29 Juli 2012 | 18:30 WIB
Komnas HAM Ingatkan SBY Soal Konflik Agraria
Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Semakin maraknya konflik lahan dan agraria yang terjadi di Indonesia saat ini, membuat sejumlah kalangan memperingatkan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk mencermatinya dan harus menemukan solusi konkret.

Salah satu yang memperingatkan presiden adalah Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Salah satu yang dilihat konflik lahan adalah konflik warga Nahu, Maluku, dengan PTPN soal sengketa lahan.

"Nah eskalasinya sudah cukup memuncak yang bisa juga memacu kepada penurunan aparat keamanan dalam hal ini Brimob untuk menjawab konflik itu," kata Ketua Komisi Nasional Ifdhal Kasim, di Jakarta, Minggu (29/7/1202).

Konflik lainnya adalah yang menimpa warga Desa Limbang Jaya Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terkait pembangunan PTPN VII Unit Cinta Manis yang memaksa para petani di 20 desa dari enam kecamatan di Ogan Ilir dan satu korban tewas, Angga bin Darmawan (13).

"Komnas HAM mendesak kepada presiden segera merealisasikan terbentuknya Tim Penanganan Konflik Agraria, dan segera melakukan evaluasi terhadap tumpang tindihnya kebijakan yang menjadi sumber penyebab konflik agraria," tandas Ifdhal. [yeh]

Komentar

x