Find and Follow Us

Selasa, 19 November 2019 | 01:34 WIB

Soekarwo Akan Menang Jika Pilgub Jatim Hari Ini

Sabtu, 14 Juli 2012 | 18:02 WIB
Soekarwo Akan Menang Jika Pilgub Jatim Hari Ini
Soekarwo - Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Surabaya - Soekarwo alias Pak De dinilai memiliki peluang besar untuk memenangi Pemilihan Gubernur Jawa Timur tahun 2013. Indikator kemenangan berasal dari keberhasilan Pak De dalam membangun stabilitas di provinsi paling timur pulau Jawa ini.

Penilaian tersebut datang dari pengamat politik asal Unair, Hariyadi. "Bahkan kalau Pilgub Jatim dilakukan hari ini, saya jamin Soekarwo akan menang," kata Hariyadi kepada Beritajatim.com, Sabtu (14/7/2012).

Untuk saat ini, menurut Hariyadi, belum ada sosok yang sekuat Pak De. Kalaulah rival politiknya pada pilkada lalu maju lagi, yaitu Khofifah, Pak De diyakini masih lebih unggul. "Tapi pilgub masih cukup lama, lebih dari setahun lagi, peta kekuatan masih bisa berubah," ujarnya.

Haryiadi juga berpendapat bahwa waktu penyelenggaran Pilgub 2013 yang jatuh pada bulan September masih menggunakan aturan lama, yakni pemilihan langsung. "Jika tidak salah, Pilgub Jatim akan digelar bulan September 2013, secara otomatis satu tahun sebelumnya, bulan September 2012 ini tahapan sudah harus dilakukan, besar kemungkinan undang-undang yang baru belum digedok. Jadi pilgub tetap digelar secara pilihan langsung," paparnya.

Lebih lanjut, Hariyadi menerangkan, berdasar pengamatannya, jika pilgub menggunakan model pilih langsung, setiap kandidat harus berupaya keras untuk membentuk koalisi dengan partai lain, terpenting soal pemilihan pasangan yang memiliki basis masa yang jelas.

"Jika pilihan langsung, mau tidak mau, kandidat harus cermat membaca peluang untuk berkoalisi dengan partai dan orang yang tepat," imbuhnya.

Pada pilgub 2008, Soekarwo yang berpasangan dengan Saifullah Yusuf (Karsa) hanya menang tipis dari pasangan KhofifahMudjiono (Kaji). Tidak hanya itu, pilgub bahkan harus melewati dua putaran. KPU Provinsi Jatim menyatakan, Kaji memperoleh 7.669.721 suara atau 49,80 persen dan Karsa 7.729.944 suara atau 50,20 persen. Dengan demikian, Karsa mengungguli Kaji dengan selisih tipis 60.223 suara atau 0,40 persen. [mah]

Komentar

x