Find and Follow Us

Sabtu, 16 November 2019 | 06:01 WIB

FPKB Klaim Terus Dorong RUU Desa Cepat Selesai

Oleh : Ajat M Fajar | Selasa, 3 Juli 2012 | 20:04 WIB
FPKB Klaim Terus Dorong RUU Desa Cepat Selesai
Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar - Ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku terus memperjuangan RUU Desa segera disahkan menjadi undang-undang. Sebab dengan RUU Desa itu diharapkan desa-desa yang ada di Indonesia menjadi maju.

"Dari awal PKB ini yang mengusulkan RUU Desa ini masuk di prolegnas. Tidak ada satupun fraksi yang mengusulkan RUU ini di prolegnas. Boleh dicek ke Baleg. RUU ini tidak diprioritaskan," ujar Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar di Gedung DPR, Senayan, Selasa (3/7/2012).

Menurutnya, setelah perjuangan itu, PKB bersyukur akhirnya RUU Desa masuk dan telah dibentuk Panja mengenai RUU Desa. Selain itu melalui anggotanya di Komisi II, FPKB terus mendorong agar pembahasan di Panja itu bisa segera selesai.

"Dalam proses DIM, sejak awal periode lalu, kita konsisten kami menganjurkan hingga 10 persen. Ini masuk akal karena berbagai negara berkembang menyoroti itu. Ya paling tidak 5 persen untuk desa," jelasnya.

FPKB menyambut baik dengan progres dari RUU Desa yang masih digodok di Komisi II. Karena dalam waktu dekat Panja RUU Desa Komisi II akan melakukan kunjungan kerja ke Cina dan Venezuela. Kunker ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana perhatian negara-negara berkembang tentang perhatiannya terhadap perkembangan desa.

"Di Venezuela itu aslinya negara miskin. Makanya di sana banyak desa-desa juga," imbuhnya. Untuk itu, Marwan meminta dukungan masyarakat agar RUU Desa ini bisa secepatnya diselesaikan dan dibawa ke paripurna DPR. [mvi]

Komentar

Embed Widget
x